17 Personil Polsek Lolowau Dapat Penghargaan Pada HUT Bhayangkara ke-72

Posted by on Jul 16, 2018 | Leave a Comment

Nias Selatan – KoranAntiKorupsi Upacara HUT Bhayangkara Ke-72 di Nisel dilaksanakan secara sederhana, bertindak sebagai inspektur upacara, Kapolres Nisel, AKBP Faisal F Napitupulu, SIK MH., yang berlangsung di Lapangan Orurusa, Telukdalam, Rabu, (11/7).

Pada acara HUT Bhayangkara Ke-72 itu dirangkai dengan pemberian penghargan kepada 17 personil Polsek Lolowau atas kinerja mereka dalam memberantas miras jenis tuak nifaro.

Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolres Nisel AKBP Faisal F Naiptupulu pertama-tama mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke 72 kepada segenap anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun berada dan bertugas.

Disamping itu, Presiden menyampaikan terimakasih dan penghargaan  kepada anggota Polri karena penuh kesungguhan bertugas di daerah pendalaman, di wilayah  perbatasan, di pulau-pulau terdepan serta yang sedang mengemban misi internasional di luar negeri.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri yang bertugas di jalan-jalan raya untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama mudik lebaran berjalan lancar. saya juga menyampaikan apresiasi kepada anggota  Polri karena selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban sehingga umat Islam bisa menjalankan ibadah dibulan suci ramadhan dengan tenang,”paparnya.

Apresiasi juga disampaikan Presiden kepada anggota Polri atas kerja keras sehingga penyelenggaraan Pilkada serentak di 171 Daerah bisa berjalan secara aman dan tertib.

Selain itu, Presiden mengingatkan bahwa tugas-tugas besar telah menanti Polri mulai dari pengamanan rangkaian tahapan Pileg dan Pilpres 2019, pengamanan Natal dan Tahun Baru hingga agenda internasional seperti, pelaksanaan Asean Games ke 18, dan pertemuan tahunan IMF-bank dunia.

“Semuanya itu membutuhkan langkah antisipatif, memerlukan perenacanaan detail dan matang agar segala potensi kerawanan dapat dicegah dari awal,”ujarnya.

Polri juga lanjutnya, senantiasa menjaga kerukunan serta menjaga nilai-nilai kebhinekaan serta harus terus mengantisipasi dan mencegah potensi konflik horizontal dengan mengangkat sentimen primodal seperti mempertentangkan  perbedaan suku, agama dan ras.

“Jadi, Polri harus membangkitkan rasa persaudaraan dan menggalang kerukunan dan persatuan antara elemen masyarakat sehingga tidak terjebak dalam lingkaran permusuhan dan kebencian,”tuturnya.

Pada amanat terakhirnya, Presiden menginstruksikan seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus menigkatkan kinerjanya melalui berbagai upaya yakni dengan memantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna menumbuhkan serta memperkokoh semangat kebersamaan dalam menggadapi tantangan kedepan yang semakin kompleks, lakukan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang ada terutama dalam penegakkan hukum, tekan budaya koruptif dan hindari tindakan yang berlebihan atau kekerasan aksesif karna kontra produktif dan berdampak pada turunnya tingkat kepercayaan publik kepada Polri.

Seterusnya, Presiden juga menginstruksikan untuk mengedepankan langkah-langkah pencegahan melalui proactive policing strategy dan tindakan humanis dalam menangani setiap permasalahan sosial yang timbul serta meminta Polri untuk meningkatkan sinergi, koordinasi dan komunikasi dengan TNI serta semua elemen  Pemerintah maupun masyarakat sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional.

Usai upacara, dilanjutkan dengan syukuran dan berbagai perlombaan seperti tarik tambang, panjat pinang, makan kerupuk serta lari karung bagi anak-anak dan lain-lain.

Turut hadir saat itu, sejumlah unsur Forkopimda Nisel, Pejabat utama Polres Nisel, Tokoh masyarkat, pimpinan Ormas, Pemuda, ketua Cabang Bhayangkari  Nisel, Nyonya Dodot F. Napitupulu, dan para undangan lainnya. (HAL)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here