3 Tersangka Korupsi Bantuan Ternak Lhokseumawe Ditahan

Posted by on Jul 30, 2018 | Leave a Comment

Tersangka-Korupsi-ditahanLhokseumawe – KoranAntiKorupsi Tiga tersangka kasus korupsi bantuan ternak yang bersumber dari APBK tahun 2014 sejak Kamis lalu resmi ditahan kejaksaan. Para tersangka yang ditahan merupakan pejabat pada Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) kota Lhokseumawe.

Penahanan ketiga tersangka yaitu RZ (kepala DKPP lhokseumawe). DH (Pejabat plaksana teknis kegiatan) dan IM (pejabat pembuat komitmen). Setelah Berkas dari kepolisian dinyatakan lengkap, yang kemudian ketiganya diserahkan ke kejaksaan dan langsung ditahan.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui kasatreskrim AKP Budi Nasuha Waruwu mengatakan Penyidik Polres Lhokseumawe menyerahkan tersangka dan barang bukti tindak pidana korupsi penyaluran bantuan ternak yang disalurkan melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Perternakan Kota dengan anggaran Rp 14.5 miliar bersumber darit APBK Kota LHoksuemawe tahun 2014 ke Kejaksaan Tinggi Aceh, Kamis kemarin. Ketiga tersangka tersebut yakni merupakan pejabat pada DKPP Lhokseumawe berinisial RZ, DH dan IM.

“Tadi sudah kita serahkan tersangka dan barang bukti kasus korupsi bantuan ternak itu ke Kejati Banda Aceh kata AKP Budi Nasuha WaruwuBudi menambahkan, kasus korupsi bantuan ternak senilai Rp. 14.5 miliar bersumber dari APBK Kota LHoksuemawe tahun 2014 itu menyebabkan kerugian negara sebanyak RP 8.168.730.000. Adapun pasal yang disangkakan Pasal 2 ayat (1), Pasal 3, Pasal 18 ayat (1) huruf a, b, ayat (2), ayat (3) Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana dirubah dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi Subs pasal 55 ayat (1) KUHPidana.

“Penyerahan tersangka dan barang bukti (tahap II) diterima langsung oleh Kajari Lhokseumawe, M Ali Akbar di kantor Kejati Banda Aceh,” pungkasnya. Kajari Lhokseumawe, M Ali Akbar menyebutkan ketiga tersangka yang diserahkan tersebut kini sudah ditahan di rutan Kaju dan yang perempuan di Rutan Lhoknga.

Kajari Lhokseumawe, Muhammad Ali Akbar, melalui Kasi Intelijen, Miftahuddin menyatakan untuk berkas perkara ketiga tersangka tersebut sudah P21 dan rampung.(Yan)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here