6 Tersangka Kasus Korupsi Bimtek DPRD Enrekang Dilimpahkan ke Kejaksaan

Posted by on Dec 24, 2018 | Leave a Comment

Sulawesi Selatan – KoranAntiKorupsi Enam tersangka kasus dugaan korupsi proyek Bimbingan Teknis (Bimtek) Kabupaten Enrekang dilimpahkan ke Kejati Sulawesi Selatan pada Kamis, (20/12) kemarin. Pelimpahan setelah berkas dinyatakan P21 atau lengkap.

“Kemarin tahap 2 nya, berkas dan enam tersangka kita serahkan ke JPU di Kejati Sulsel kemarin. Proses penyerahannya mulai pukul 14.00 wita hingga malam pukul 23.00 wita. Satu tersangka lainnya belum kita serahkan karena sementara dirawat di RS Bhayangkara, Makassar atas nama Haji Banteng, menjabat ketua DPRD Enrekang saat proyek itu berjalan,” kata Kasubdit III Tipikor Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kompol Sutomo, yang dikonfirmasi, Jumat (21/12).

Ke enam tersangka itu adalah Arfan Renggong yang saat itu masih menjabat wakil ketua I DPRD Kabupaten Enrekang, Mustiar Rahim, wakil ketua II DPRD Enrekang dan Sangkala Tahir, sekretaris DPRD Enrekang. Lalu tiga penyelenggara proyek, yaitu Gunawan, Nawir, dan Nurul Hasmi.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan Bimtek oleh DPRD Enrekang ini digelar di tujuh kota di Indonesia yakni di Makassar, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Lombok dan Bali.

Berdasarkan hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, ditemukan adanya kerugian negara dalam kegiatan Bimtek senilai Rp 855.095.650 dari total anggaran kegiatan yang digunakan sebesar Rp 3,6 miliar.

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin SH yang juga dikonfirmasi membenarkan adanya penyerahan enam tersangka itu.

“Kejati Sulsel memfasilitasi pelaksanaan tahap 2 kasus dugaan korupsi dana Bimtek DPRD Enrekang antara penyidik kepolisian ke JPU Kejari Enrekang,” kata Salahuddin.(MC/IN)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here