Akankah Korupsi Musnah

Posted by on Jul 09, 2018 | Leave a Comment

Yang namanya korupsi seperti sebuah sebuah habit atau kebiasaan bahkan sepertinya merupakan kebanggaan tersendiri terbukti hampir rata para pejabat yang ditangkap dan disiarkan langsung oleh media televisi terlihat dengan wajah tanpa rasa bersalah bahkan melambaikan pula tangannya atau membentuk sesuatu tanpa rasa malu dan menyesal.

Dulu korupsi aib bagi dirinya apalagi keluarganya rasa malu menghantui mereka, namun jaman now korupsi dianggap seperti bukan kejadian yang tabu dan malu, hilangkah sifat asli bangsa Indonesia akan sesuatu perbuatan yang menjijikan.

Dari tahun ke tahun jumlah penangan korupsi yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengalami peningkatan. Hasilnya, kepercayaan publik terhadap pemerintah dan lembaga lainnya dikhawatirkan akan turun dan memicu memburuknya iklim usaha di Indonesia. Gambaran tersebut menunjukkan bahwa praktik korupsi di Indonesia baik sektor swasta maupun pemerintah cukup besar dan berimplikasi ke keuangan negara.

Berbagai upaya telah dilakukan KPK  melalui UU No 30 Tahun 2002 tentang Komisi pemberantasan sebagai panduan kuat bagi KPK untuk melakukan tindakan pencegahan tindak pidana korupsi. Aset keuangan negara yang di selamatkan oleh KPK hingga sekarang sudah mencapai ratusan ribu triliun rupiah. Hal ini, memberikan gambaran bahwa perhatian lembaga terhadap korupsi sangat besar. Namun kesadaran korupsi tetap terjadi dan berdampak sistemik kepada Negara.

Sehingga harapan korupsi bisa musnah seperti dirasa berat walau kita tetap harus optimis dan berterima kasih kepada aparat-aparat yang masih bersih dan aparat penegak hukum tetap istiqomah terus mengawasi dan menangkapi para maling-maling uang negara.

Untuk lebih optimal, mencegah perilaku anti korupsi itu dilakukan kepada para pelajar dan mahasiswa. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai moral dan bahaya korupsi kepada generasi bangsa. Selain itu, memberikan stimulus mindset peserta didik bahwa korupsi itu bertentangan dengan nilai dan norma hukum, bahkan perilaku korupsi merugikan negara dan masyarakat.

Tidak saja melalui pendidikan umum, pendidikan agama juga perlu dan utama ditanamkan sebagai suatu landasan kuat untuk mengerem mereka para calon-calon pejabat negara menjadi koruptor. Arti dosa dan kerugian yang diakibatkan korupsi menjadi suatu yang penting rumusan mendidik generasi muda.

Mari kita perkuat generasi muda calon-calon penerus bangsa dengan pendidikan yang tepat, terapkan budaya malu dan dosa, sehingga nantinya mereka siap menjadi pejabat-pejabat yang handal memimpin negeri ini, sehingga Indonesia menjadi surga bagi masyarakat yang berada didalamnya.

Semoga korupsi bisa musnah dinegeri tercinta Indonesia.

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here