Akbar Tanjung Buka Pagelaran Seni Budaya Asahan 2013

Posted by on May 27, 2013 | Leave a Comment

Kisaran – Kpkpos  Tokoh Nasional, Akbar Tanjung secara resmi membuka pagelaran seni budaya (PSBD) Kabupaten Asahan 2013, Rabu, 22 Mei 2013 di kompleks Terminal Madya Kisaran.

Akbar Tanjung dalam sambutnya mengatakan bahwa kekayaan budaya yang dimliki bangsa Indonesia merupakan modal Indonesia untuk membangun dimasa mendatang dan keanekaragaman budaya juga dapat digunakan sebagai cita-cita nasional.

Akbar juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dan masyarakat untuk tetap menjaga keanekaragaman suku dan budaya yang dimiliki, agar pembangunan didaerah dapat berjalan dengan baik serta persatuan dan kesatuan dapat tumbuh dan berkembang.

“Persatuan dan kesatuan itu harus dilestarikan, karena hal itu menjadi modal dalam mencapai cita-cita nasional, dan kehidupan yang sejahtera dalam negara,” kata Akbar Tanjung dihadapan ribuan masyarakat Asahan.

kegiatan PSBD tersebut, kata Akbar Tanjung, merupakan perhatian dan penghargaan terhadap suku dan etnis dari Pemkab Asahan terhadap budaya daerah karena telah  menggelar  PSBD dengan mengikut sertakan seluruh etnis disertai dengan budaya khas daerah masing-masing yang ada di Asahan.

Budaya merupakan warisan dari leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan. Sebab budaya sebagai perekat kesatuan dan persatuan di Indonesia tercinta.

Sementara Bupatai Asahan, Drs H  Taufan Gama Simatupang MAP dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada suku dan etnis yang ada di Asahan yang ikut berpartisipasi dan mensukseskan PSBD ini.

“Kita berharap, dengan kegiatan ini persatuan dan persaudaraan antarsuku dan etnis yang selama ini terjalin dengan baik, bisa lebih ditingkatkan lagi, demi pembangun Asahan yang lebih baik,” kata Bupati Asahan.

Ketua Panitia PSBD, Drs Sofyan Yoga menjelaskan kegiatan ini  menampilkan 13 perwakilan etnis dan suku yang ada di Kab Asahan diantaranya Aceh, Melayu, Karo, Tabagsel, Jawa, Banjar, Batak Toba, Tionghoa, India, Simalungun, Nias, Minang dan Pakpak Dairi, yang akan berlangsung 22 Mei-5 Juni ini, sekaligus mensukseskan program cagar budaya yang ada di Asahan.

” KegiatanPSBD lahir dari gagasan bersama antara Pemkab Asahan dan para etnis,“ kata Sofyan Yoga seraya menjelaskan sebelumnya acara dirangkai dengan karnaval para etnis dan penijauan rumah etnis. (IN)

Leave a comment

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create