Anggaran Cetak Sawah Rp1,6 Miliar Mark-Up

Posted by on Aug 05, 2013 | Leave a Comment

LOKASI SAWAH– Lokasi pelaksanaan proyek percetakan sawah di Desa Tornagodang Kecamatan Habinsaran Tobsa senilai Rp 1,6 miliar.

LOKASI
SAWAH– Lokasi
pelaksanaan
proyek percetakan
sawah di Desa
Tornagodang
Kecamatan
Habinsaran Tobsa
senilai Rp 1,6
miliar.

Tobasa – Kpkpos Kuat dugaan, proyek pencetakan sawah seluas 163 Ha di Desa Tornagodang, Kecamatan Habinsaran, Toba Samosir, dengan dana sebesar Rp1,6 Miliar di Mark- Up. Pencetakan sawah ini merupakan program pemerintah di sektor pertanian yang ditangani Dinas Pertanian Toba Samosir. Dana diberikan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan).

Untuk pencetakan sawah di Desa Tornagodang yang menerima kucuran dana adalah Gapoktan Dosroha. Anggaran yang masuk ke rekening Gapoktan Sebesar Rp1,6 Miliar. Namun pada prakteknya, luas lahan yang dikerjakan kurang lebih 46 Ha dari 163 Ha keseluruhan.

Ketika wartawan KPK Pos, mengkonfirmasi masyarakat Desa Tornagodang, menyatakan keberatan atas pelaksanaan proyek pencetakan sawah tersebut, dan yang dikerjakan belum mencapai 163 Ha sesuai dengan kesepakatan.

Dikatakan, pekerjaan pencetakan sawah itu belum sempurna dan pengadaan traktor tangan juga belum ada. Sementara pupuk belum juga datang. “Kami curiga kenapa proyek pencetakan sawah ini tak selesai selesai,” ujar warga.

Warga lain bermarga Panjaitan mengatakan, pelaksanaan pencetakan sawah itu sejak awal mengundang masalah, baik secara teknis dan luas lahan.

“Kesimpulannya pencetakan  sawah tersebut sudah merugikan masyarakat Desa Tornagodang dan telah merugikan Negara ratusan juta rupiah,” kata Panjaitan.

Dijelaskannya, pencetakan sawah belum ada 100 Ha. Padahal sesuai ketentuan seharusnya 163 Ha.

Kepala Desa Tornagodang saat di konfirmasi KPK Pos membenarkan, bahwa di desanya ada proyek pencetakan sawah seluas 163 Ha dan dananya Rp1,6 M.

Namun Kepala Desa tidak banyak komentar. Dia hanya mengarahkan, agar menanyakan langsung ke ketua kelompok, Sekretaris dan Bendahara Gapoktan Dosroha.

Pengurus Gapoktan Dosroha Desa Tornagodang, ketika dikonfirmasi KPK Pos membenarkan pihaknya ada mendapat kucuran dana sebesar Rp1,6 M untuk pencetakan sawah.

Dana itu berasal dari APBN, atau Bantuan Sosial TA. 2012. Pembiayaan proyek tersebut, dicairkan melalui BRI Balige. Pengurus Gapoktan Dosroha saat memberikan keterangan hadir  Ketua Jonson Panjaitan, Sekretaris Hotler Panjaitan dan Bendahara Jannus Panjaitan.

Dikatakan, pekerjaan pencetakan sawah dimulai November 2012 sampai Mei 2013. Diakui, yang dikerjakan sudah seluas 121 Ha dan dana yang terpakai Rp1,22 M. (LIBERS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here