Anggaran Pengamanan Pilkada Rp123 Miliar Disiapkan

Posted by on Jan 08, 2018 | Leave a Comment

Medan – Kpkpos Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyiapkan anggaran sekitar Rp123 miliar untuk kegiatan pengamanan seluruh tahapan pemilihan gubernur.

Di sela-sela rapat paripurna DPRDSumut di Medan, Kamis (4/1), Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Ibnu Hutomo mengatakan, anggaran tersebut telah disiapkan dalam APBD tahun 2018. Namun pihaknya belum dapat mencairkan anggaran tersebut disebabkan belum adanya penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Karena itu, pihaknya akan mengundang Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw untuk menandatangi NPHD tersebut sehingga anggaran pengamanan itu dapat segera dicairkan. “Kami sedang menyiapkan penandatangan NPHD itu, sambil menunggu waktu pak kapolda,” katanya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah untuk memperkuat pengamanan tahapan pemilihan gubernur. Langkah pertama dilakukan dengan mengingatkan seluruh personel Polda Sumut agar bersikap netral dan tidak boleh berpihak kepada salah satu pasangan calon.

Pihaknya juga telah melakukan beberapa pertemuan dengan pemerintah daerah dan penyelenggara pilkada untuk menyatukan persepsi guna menyelenggarakan pilkada yang aman dan lancar. “Kita juga telah melakukan upaya pendekatan, termasuk ke pimpinan parpol” katanya. Setelah itu, kata Kapolda, pihaknya akan mengerahkan personel untuk melakukan pengasaman khusus pada kantor KPU dan Bawaslu Sumut. (SMG)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here