BBM Dijaman Now

Posted by on Apr 02, 2018 | Leave a Comment

Luar biasa dalam tiga bulan ini bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi telah naik dua kali dimana sebelumnya pada 20 Januari 2018 Pertamina menaikkan harga Pertalite sebesar Rp 100 per liter menjadi Rp 7.600 per liter dan sekarang Per 24 Maret 2018, harga Pertalite dan solar non-subsidi naik masing-masing Rp 200 per liter.

Ironinya kenaikan dijaman ini (jaman now) tidak pernah ada diumumkan kepada masyakarat, padahal dalam pemerintahan sebelumnya (jaman old) kenaikan minyak diwanti-wanti dahulu bahkan dengan penuh kehati-hatian.

Namun saat ini sepertinya kenaikan yang dapat memberatkan kehidupan masyarakat tersebut dianggap biasa-biasa saja, apalagi gelombang demo pada kenaikan dibulan Januari seperti senyap tak ada gaung yang membuat riak, tidak saja dari pihak masyarakat pihak partai politikpun sepertinya terkesan acuh apakah karena disibukkan pilkada serentak, entahlah.

Kenaikan ini menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito harga bahan bakar minyak tersebut merupakan penyesuaian atas kenaikan harga minyak dunia. Saat ini harga minyak dunia sudah menembus level 60 dollar AS per barrel.

Adiatma membantah kenaikan harga Pertalite bertujuan demi menutup potensi kerugian Pertamina akibat menanggung selisih harga solar subsidi dan premium. Sebab, pemerintah melarang Pertamina menaikkan harga premium dan dan solar subsidi.

Ironinya BBM premium yang konon diberikan kepada rakyat bawah juga sering hilang di SPBU-SPBU.

Kenaikan BBM ini dikhawatirkan diikuti kelatahan para pedagang yang ikut menaikan harga barang yang dijual sepertinya selama ini terjadi jika BBM dinaikkan. Kalaulah barang tersebut tidak sebagai kebutuhan utama mungkin tidak masalah, namun kalau barang seperti bahan pokok tentu saja menjadi beban masyarakat bertambah apalagi dimasa sekarang.

Pemerintah yang saat ini dipimpin Presiden Joko Widodo yang suka berkunjung melihat masyarakat bawah diharapan dapat mengkaji ulang atas kenaikan BBM tersebut.

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here