Berkas Perkara OTT Oknum Camat Bandar Dikirim ke Kejari Simalungun

Posted by on May 27, 2019 | Leave a Comment

Simalungun – KoranAntiKorupsi Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun sudah menerima berkas perkara Syam SH (57) oknum Camat Bandar tersangka kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) surat rekomendasi pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Polres Simalungun, Selasa (22/5).

Hal itu dibenarkan Kajari Simalungun melalui Plh Kasi Pidsus Firmansyah SH kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (23/5).

Untuk menangani perkara ini sudah dihunjuk tim jaksa penuntut umum Hiras Silaban SH dan Juna Karokaro SH. “Penyidik Polres Simalungun telah menyerahkan berkas perkara dan barang bukti uang Rp 3,5 juta serta surat rekomendasi camat,” ucap Firmansyah SH.

Terhadap tersangka dijerat pasal 12 huruf E Jo pasal 12 A UU No:20/2001 jo UU 31 tahun 1999 tentang Pungli, tegas Firmansyah.

Tersangka Syam terkena OTT di ruang kerja camat Bandar, Rabu 9 Januari 2019 pukul 11.00 WIB. Saat itu humasy PT Lonsum Kebun Bah Lias M Fauzi, Rahmat Sirait dan KTU (kepala tata usaha) Ilham Adlian datang kepada tersangka untuk mengurus IMB pembangunan tiga Ruko di PT Lonsum tersebut.

Ketika surat rekomendasi selesai ditandatangani tersangka Syam, ia ada menerima uang Rp 3,5 juta dari saksi Ilham Adlian lalu ditangkap oleh Satreskrim Polres Simalungun.

“Jaksa sedang mempelajari berkas perkara tersangka Syam dan setelah 14 hari, kita akan mengirimkan petunjuk kepada penyidik melalui surat P19, untuk melengkapi berkas perkara,” ucap Firmansyah.(BBS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here