Bupati Cirebon Jual-Beli Jabatan, Dananya untuk Acara Partai

Posted by on Mar 04, 2019 | Leave a Comment

Bandung – KoranAntiKorupsi Bupati Cirebon nonaktif Sunjaya Purwadisastra, 53 tahun menjalani sidang perdana kasus jual-beli jabatan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung, Rabu (27/2). Dari keterangan dalam sidang diketahui uang yang didapat dari jual-beli jabatan ini digunakan untuk acara partai.

Jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Iskandar Marwanto mendakwa Sunjaya menerima uang Rp 100 juta dari dari Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cirebon, Gatot Rachmanto terkait pengangkatan Gatot selaku pejabat.

Gatot memberikan uang tersebut usai pelantikan dirinya. Pemberian uang dari Gatot dilakukan lewat ajudan Sunjaya, Deni Syafrudin pada 23 Oktober 2018 lalu.

“Setelah menerima uang dari Gatot, selanjutnya Deni Syafrudin melaksanakan arahan terdakwa untuk mentransfer uang sejumlah Rp 250 juta guna keperluan sumbangan acara Hari Sumpah Pemuda yang digelar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),” kata Iskandar.

Deni menjalankan perintah Sunjaya. Dia menggabungkan uang dari Gatot dengan uang milik terdakwa Sunjaya senilai Rp 70 juta ditambah uang Rp 80 juta pemberian Supadi Priyatna. Namun, jaksa tidak menjelaskan perihal kegiatan Sumpah Pemuda tersebut dalam dakwaannya.

Sunjaya merupakan kader PDIP Jawa Barat yang dipecat akibat perkara suap ini.

Terkait perbuatannya, jaksa mendakwa Sunjaya dengan dakwaan alternatif. Pertama pasal 12 huruf b dan dakwaan kedua pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Ancaman hukuman untuk pelanggaran pasal 12 huruf b adalah pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun dan dipidana denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.(BSC)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here