Bupati dan Uspida Plus Apresiasi Kegiatan LWI

Posted by on Jul 29, 2013 | Leave a Comment

Tobasa – Kpkpos Sesungguhnya garis haluan perjuangan wartawan Indonesia tidak dapat dipisahkan dari perjuangan rakyat Indonesia mencapai kemerdekaan, mempertahankan dan mengisinya melalui pembangunan nasional untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera, baik material maupun spiritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mencapai cita-cita kemerdekaan dan tujuan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia itu, wartawan Indonesia berpegang teguh pada konstitusi Negara, yaitu UUD 1945 dan dasar Negara Pancasila.

Maka dengan mencermati fungsi, peran dan profesinya sebagai salah satu sarana demokrasi,wartawan Indonesia bertekad mengembangkan pers yang bebas,merdeka dan demokratis.

Untuk itu, Lembaga Wartawan Indonesia ( LWI ) DPC Toba Samosir, memiliki sikap dasar yaitu komitmen terhadap Maka dengan mencermati fungsi, peran dan profesinya sebagai salah satu sarana demokrasi, wartawan Indonesia bertekad mengembangkan pers yang bebas, merdeka dan demokratis.

Untuk itu, Lembaga Wartawan Indonesia ( LWI ) DPC Toba Samosir, memiliki sikap dasar yaitu komitmen terhadap integritas, tanpa integritas wartawan seprofesional apapun tidak mampu mendedikasikan profesinya dalam mengemban hak public berupa kebebasan mengakses informasi dalam bentuk kebebasan pers, sementara pers yang bebas merupakan prasyarat dalam proses demokrasi.

Pada acara kegiatan tersebut, bidang pendidikan LWI DPC Toba Samosir Juliber Silitonga, mengatakan Integritas tanpa independensi merupakan kebohongan kepada publik.

Secara moral wartawan dapat dipercaya berkat integritasnya bersama dengan itu harus independen, sehingga mampu bekerja secara bertanggung jawab, dengan arti independensi menempatkan wartawan pada posisi yang obyektif.

Ditambahkannya, bahwa integritas dan indepedensi yang diperkuat dengan profesionalisme menempatkan hasil kerja wartawan sebagai karya bermutu.sebagai pekerja pers.

Wartawan wajib bekerja secara baik dan benar, jujur dan bermutu, sementara secara moral wajib memiliki integritas dengan sikap yang independen.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan LWI DPC Toba Samosir pada, Rabu (11/7), pelaksanaan Bhakti Sosial di Panti Karya Hephata Laguboti, menyerahkan sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan dan sejenisnya.

Setelah penyerahan bantuan tersebut, Ketua LWI DPD Sumatera Utara Osriel mengamanatkan, agar insan pers yang bergabung pada LWI, untuk menyampaikan pemberitaan yang benar. “Jadilah pewarta yang ber etika dan professional dan membela kepentingan masyarakat,” sebut Osriel Limbong.

Ketua LWI DPC Toba Samosir, Maruli Sinaga menjelaskan, dengan memberikan kepedulian terhadap Panti Karya Hephata Laguboti ini, hendaknya Dinas terkait atau pemerintah Kabupaten Tobasa lebih meningkatkan perhatian, dan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dan anak anak penyandang cacat di Panti Karya Hephata Laguboti.

Perwakilan Panti Karya Hephata Laguboti, Jetty Samosir menguraikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan LWI, dengan hadirnya kinjungan LWI DPC Toba Samosir, pihaknya berharap, LWI mampu mengemban tugas dan tanggung jawab untuk perpanjangan tangan menyampaikan aspirasi dari masyarakat Tobasa termasuk nasib dari Panti Karya Hephata Laguboti.

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyampaikan sambutan dan apresiasinya ke Lembaga Wartawan Indonesia (LWI) DPC Toba Samosir, mengatakan bahwa insan pers sangat berperan dalam  mendukung keberhasilan pembangunan melalui informasi yang disajikan.

Menurutnya, hal ini disebabkan kualitas informasi yang diperoleh masyarakat sebagaimana disajikan insan pers, sangat mempengaruhi opini dan sikap masyarakat terhadap gerakan pembangunan. Demikian bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan, Wasir Simanjuntak,  pada pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Wartawan Indonesia (DPC-LWI) wilayah Kabupaten Toba Samosir di gedung Serba Guna Mini HKBP Balige, Rabu ( 11/7).

Khusus kepada pengurus dan anggota DPC LWI Tobasa yang baru dikukuhkan, Bupati mengajak agar para jurnalis yang bergabung di dalamnya, dapat menyajikan informasi yang berkualitas dan mampu mencerdaskan masyarakat Tobasa.

Namun demikian, para insan pers tersebut tetap diharapkan dapat menjunjung tanggung jawab profesi, netralitas etika dan norma yang berlau tanpa meninggalkan jiwa kritis yang membangun. (JULIBER)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here