Bupati Simeulue Studi Banding di Nias

Posted by on Mar 25, 2013 | Leave a Comment

Nias –  Kpkpos Bupati Simeulue Drs Riswn NS belum lama ini telah melakukan studi banding di Kabupaten Nias untuk mengetahui bagaimana tata cara pembentukan daerah otonom baru. Bupati Simeulue didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Simeulue, Rabu kemarin.

Bupati Nias Drs Sokhiatulo laoli pada sambutannya mengatakan terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan optimalisasi penyelenggaraan pelayanan publik merupakan suatu cita-cita mulia yang harus diwujudkan dalam kerangka implementasi otonomi daerah.

Menurut bupati Nias, otonomi daerah memberikan peluang dan keleluasaan kepada pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sesuai urusan pemerintahan yang di miliki untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang di latar belakangi oleh segenap elemen masyarakat dengan bergandeng tangan memperjuangkan aspirasi dan keinginan untuk mewujudkan percepatan pembangunan.

Dikatakan, berdasarkan pengalaman dan fakta dilapangan, beberapa alasan yang mendorong timbulnya aspirasi untuk membentuk daerah otonomi baru yakni, daerah memiliki potensi yang memadai secara ekonomi untuk membangun daerahnya, daerah yang ingin di mekarkan masih dibelenggu ketertinggalan dan kemiskinan akibat minimnya perhatian dari hierarkhi pemerintah yang lebih tinggi, dan rentang kendali penyelenggaraan pemerintahan yang begitu besar sehingga dirasakan tidak efektif dan efisien dalam upaya percepatan pembangunan daerah.

Bupati Simeulue pada kesempatan itu mengatakan studi banding yang dilakukan poemerintah kabupaten Simeulue dalam rangka memperoleh informasi tentang langkah-langkah yang akan di tempuh dalam membentuk daerah otonom baru karena untuk diketahui bersama bahwa pemerintah Kabupaten Simeulue merencanakan akan memekarkan ibu kota Kabupaten Simeulue menjadi Kota Sinabang,katanya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Simeulue mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Nias yang telah memberikan sumbangsih pemikiran maupun sajian demi terwujudnya Kota Sinabang ke depan. (Yagi)

Leave a comment

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create