Cari Bukti Korupsi, Ruang Kerja Sekda Nisel Digeledah

Posted by on Sep 30, 2013 | Leave a Comment

Medan – Kpkpos  Penyidik Subdit III/ Tipikor Ditreskrimsus PoldaSumut menggeledah ruangan kerja Sekertaris Daerah (Sekda) Nias Selatan (Nisel), Asa’ro Laia di Pemkab Nisel, Selasa pekan lalu.

Penggeledahan itu untukmencari bukti dugaan korupsi pengadaan tanah pembangunan Balai Benih Induk (BBI) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Tahun Anggaran (TA) 2012 sebesar Rp 9.411.716.175.

“Semalam ruangan Sekda Nisel digeledah. Kita ikut mendampingi penyidik Tipikor Poldasu saat menggeledah ruangan Sekda,” terang Kapolres Nisel, AKBP John CE Nababan, kepada wartawan. usai menghadiri pisah sambut pejabat utama Poldasu, Rabu (25/9) sore.

Sebelumnya, penyidik Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Poldasu juga menggeledah dan menyita sejumlah barang bukti dari Kantor Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan (BPKK) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nisel.

“Ada berkas yang disita untuk bukti,” jelasnya tanpa menjelaskanisi berkas tersebut. Seperti diberitakan, pihak Subdit III/Tipikor Poldasu sudah memeriksa sebanyak 32 orang saksi dan akan segera melakukan ekspos ke Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut.

Kasubbid Pengelolaan Informasi dan Data (PID) Humas Poldasu, AKBP MP Nainggolan, menuturkan, penyidik akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), Perpajakan dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ditambahkannya mantan Kepala Kepolisian Resort (Polres) Nisel itu mengaku Sekda Nisel Asa’ro Laia dan Assisten I Pemkab Nisel, Feriaman juga sudah ditetapkan sebagai tersangkadalam kasus tersebut.

“Sudah jadi tersangka, tapi belum ditahan karena masih ada yang mau dilengkapi,” paparnya. Hal itu, lanjutnya, selain akan ada pemanggilan saksi lagi, pihaknya masih akan melakukan gelar perkara dengan tim Tipikor dari Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Selain melakukan pemeriksaan sebanyak dua orang, akan ada pemeriksaan saksi lainnya di Nisel sebanyak tiga orang,” ucapnya sambil mengatakan selanjutnya akan melakukan pemberkasan untuk di kirim ke Jaksa Penuntut Umum. (ANDALAS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here