Dana Desa Pemko Subulussalam Rp99 M Lebih

Posted by on Feb 05, 2018 | Leave a Comment

Subulussalam РKpkpos Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam mendapat anggaran sebesar 99 milyar lebih dana desa tahun 2018 bersumber dari APBN dan APBK dana itu dibagikan kepada  82 desa dalam kota Subulussalam Tetapi setelah membuat rancangan anggaran pendapatan dan belanja Desa(R-APBK).

Demikian disampaikan kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa(DPMK) Drs,M.Idries kepada Media ini, Selasa (30/01) di ruang kerjanya.

Ia mengatakan tahun ini pagu anggaran dana desa kota Subulussalam ditetapkan melalui qanun sebesar Rp.99 milyar lebih untuk 82 desa. Sedangkan tahun sbelumnya hanya mendapat 64 milyar lebih.

Sementara itu kekurangan dana desa tahun 2017 sebesar 5 milyar lebih akan dicairkan tahun 2018 ini, karena desa tidak dapat menghabiskan anggaran yang ada di desanya, karena waktu yang telah ditentukan. Maka hal itu akan menjadi silpa dan dapat digunakan pada tahun 2018 terangnya.

Pembagian alokasi untuk setiap desa akan berbeda jumlahnya, dimana desa yang mendapatkan anggaran terbesar adalah Rp122 milyar lebih dan terendah sekitar Rp 1 milyar dari APBN. Sedangkan dari APBK Rp 600 juta sedangkan terendah 300 juta.

Dana APBN dana desa diprioritaskan pemberdayaan ekonomi masyarakat, Insfrastuktur dan pelayanan desa juga pemberdayaan Badan Usaha Milik Kampong (BUMK). Seluruhnya dana itu diperuntukkan bagi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan dana desa itu diawasi beberapa dinas terkait, seperti Inspektorat, DPMK, Baappeda, DPKKAD dan Camat apa lagi tahun ini telah melibatkan KPK, Kejaksaan dan Kepolisian. (KAR)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here