Diduga Empat Etnis Rohingya Imigrasi Langsa Kabur ke Medan

Posted by on Jul 02, 2018 | Leave a Comment

Langsa – KoranAntiKorupsi Empat dari 5 etnis rohingya sejak sebulan lalu kabur dari penampungan imigrasi Kelas IILangsa.mereka diduga kabur ke medan sumut melaluialui penjemputan agen gelap.

Sebagaiana diketahui bahwa pada tanggal 6 April 2018 dini hari lalu ke lima muslim Rohingya tiba di Pelabuhan Perikanan Idi Aceh timur.

Dari kelima Rohingya ini, satu diantaranya anak masih berumur 8 tahun Kamal Husin, Muhammad Ilyas (33) dan Samimah (18), Umar Syarif (28), dan Mominah (28).? Mereka ditolong oleh nelayan Idi, Aceh Timur yang saat itu sedang mencari ikan di laut Selat Malaka.Kondisi mereka sangat memprihatinkan mengalami dehidrasi berat, ?karena sudah berapa hari kelaparan.

Menurut nara sumber di Imigrasi Langsa,awalnya 1 warga Rohingya menghilang dari Kantor Imigrasi Kelas II Langsa pada tanggal 31 Mei 2018 malam.Selanjutnya 1 pada tanggal 2 Juni 2018 malam menyusul sebanyak 3 orang. Sedangkan yang kini masih berada di Kantor Imigrasi hnaya 1 orang, Umar Syarif (28).

Kepala Imigrasi Kelas II Langsa, Irza Akbar membenarkan bahwa ke 4 etnis Rohingya menghilang pada bulan puasa lalu.
Sekarang hanya 1 orang yang tertinggal.Awalnya ke empat Rohingya malam itu minta izin kepada petugas Imigrasi keluar dari kantor Imigrasi itu, dengan asalan pergi shalat tarawih ke masjid di sekitar Kantor Imigrasi setempat,teryata setelah itu mereka tidak kembali lagi ke kantor Imigrasi.

Pihaknya tidak menaruh curiga, karena sebelumnya mereka selalu keluar untuk shalat tarawih.Menurut Mirza Akbar, setelah mengetahui mereka tidak kembali lagi ke kantor, pihaknya langsung melakukan pencarian, akan tetapi tidak berhasil menemukannya.

Kelima 5 etnis Rohingya itu pada bulan April lalu diselamatkan nelayan Idi Aceh Timur di laut, selanjutnya mereka ditampung sementara di Kantor Imigrasi Kelas II Langsa katanya. (Yan)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here