Dinas Pertamanan Tertibkan Reklame

Posted by on Apr 22, 2013 | Leave a Comment

MEDAN – Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan Ir H Zulkifli Sitepu mengatakan bahwa hampir 35 persen reklame di Kota Medan tidak memilik izin. Karena itu, Dinas Pertamanan sekarang sedang fokus untuk menertibkan reklame dan baliho yang tidak memiliki izin tersebut.

“Hampir 35 persen reklame di Kota Medan ini tidak memiliki izin. Karena itu, kita sekarang sedang fokus untuk menertibkannya dengan melakukan pembongkaran. Ini merupakan perintah Walikota Medan,” ujar Zulkifli Sitepu pada saat melakukan penertiban reklame di Jalan Setia Budi Medan, Rabu.

Selain menertibkan reklame yang tidak memilki izin, pihaknya juga menertibkan reklame yang melanggar estetika kota. Reklame yang sudah rawan tumbang juga tidak luput dari penertiban tersebut.

Dalam kesempatan ini, Sitepu kembali menegaskan bahwa untuk kedepan, pihaknya mengharuskan perusahaan advertising melampirkan rekomendasi dari ahli besi dan baja, ketika mengajukan permohonan izin.

Bila rekomendasi itu tidak ada, maka izin dipasikan tidak aka keluar. “Biro reklame itu juga harus mengasuransikan reklamenya, sehingga bila terjadi korban, maka tanggungjawab biro reklame,” tegasnya.

Ditambahkan, sejak menjabat sebaga kepala Dinas Pertaman awal Februari lalu, Sitepu mengklaim sudah menertibkan kurang lebih 150 reklame tidak memiliki izin, melanggar estitika kota dan rawan tumbang.

Selan itu, pihaknya juga sedang giat-giatnya membersihkan tali dan kawat sisa baliho yang tertinggaal di pohon-pohon. “Kawat dan tali itu mengganggu tanaman pelindung, sehingga wajib dibersihkan,” tambahnya.

Zulkifli Sitepu yang didampingi Kabid Listrik, Zulfan Efendi dan Kabid Pengawasan, Yusron Harahap menegaskan, pihaknya ingin menegakkan Perda Nomor 11 tahun 2011 dan Perwal Nomor 58 tahun 2011.

“Intinya, kita ingin meningkatkan PAD Kota Medan dari reklame dan baliho tersebut,” tegasnya. (VIN)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here