Disarankan Pelaku Politik Uang Diarak Keliling Kampung

Posted by on Mar 20, 2017 | Leave a Comment

Jakarta – Kpkpos Praktik politik uang menjelang pemilihan suara sering kali terjadi. Namun, calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tak ingin praktik tersebut terjadi di pilkada DKI.

Sandi meminta pihak yang melakukan politik uang segera ditindak. Bahkan, dia mengajak warga untuk mengarak pelaku politik uang keliling kampung.

“Kalau ada yang melakukan itu di-OTT (tangkap) saja, diarak keliling kampung,” kata Sandi di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Sandi menganggap hukuman itu pantas bagi pelaku yang telah merusak nilai kejujuran dan demokrasi. Cawagub nomor urut tiga itu pun tidak akan melindungi warga yang terbukti berbuat curang.

“Kita harus serahkan kepada pihak yang berwajib. Kalau bisa dipampang foto kalau ini adalah pelaku tindak pidana politik uang,” kata Sandi.

Suami Nur Asia itu juga mengajak warga untuk memantau jalannya pemungutan suara. Bila terjadi indikasi kecurangan, warga disarankan segera melapor kepada KPU dan Bawaslu.

“Masyarakat harus memantau, baik dari paslon dua maupun tiga. Kami juga harus betul-betul mengevaluasi sehingga tidak berujung pada kecurangan,” kata Sandi.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta berencana menambah tempat pemilihan suara (TPS) di sejumlah wilayah di DKI. Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut  baik kabar tersebut.

Sandi tak memasalahkan selama penambahan itu menghadirkan kesetaraan dan akses yang lebih baik ke seluruh pemilih. Namun, ia meminta KPU DKI tetap berpegang pada prinsip keterbukaan dan keadilan.

“Harus dikasih penjelasan dan sosialisasi kepada publik kenapa ditambah di sini, siapa saja yang disentuh dan bagaimana kesiapan Panwaslu dan Bawaslu dalam memantau TPS yang baru,” terang Sandi. (IN/MTV)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here