Dosmar : PPS Pertanian Harus Tingkatkan Kesejahteraan Hidup Petani

Posted by on Aug 07, 2017 | Leave a Comment

BUPATI Dosmar Banjarnahor menyaksikan penandatanganan oleh Kepala Desa pada pengukuhan PPS Pertanian. (KPKPOS/BS)

BUPATI Dosmar Banjarnahor menyaksikan penandatanganan oleh Kepala Desa pada
pengukuhan PPS Pertanian. (KPKPOS/BS)

Humbahas – Kpkpos Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengharapkan , PPS (Panitia Penyuluh Swadaya) pertanian  yang sudah  resmi dikukuhkan  mampu  bekerja dengan serius sesuai dengan fungsinya. Serta mampu  menciptakan kelompok tani  yang bertujuan untuk  peningkatkan  taraf hidup perekonomian masyarakat petani, mengingat masyarakat di Kabupaten  Humbahas mayoritas hidup dari pertanian.

Hal ini disampaikan Bupati Dosmar Banjarnahor  dalam sambutannya  usai mengukuhkan anggota PPS sebanyak  150 orang yang terpilih dari tiap-tiap  desa di Kabupaten Humbang Hasundutan di Wisma Khatolik Jalan Merdeka Doloksanggul, Rabu (2/8).

Selain mampu menciptakan kelompok tani, Dosmar juga meminta setiap anggota PPS harus mampu menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat petani dengan menampung keluhan atau permasalahan yang dihadapi oleh  petani. Di mana,  keberadan PPS ini adalah untuk memenuhi kebutuhan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) serta membantu PPL dalam pelaksanaan penyelenggaraan penyuluhan. Oleh sebab itu, keberadaan PPS sangat strategis untuk mewujudkan misi Kabupaten Humbang Hasundutan dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dan ketahanan pangan.

“Dengan keberadaan PPS ini, diharapkan  dapat meningkatkan pendapatan, kesejahteraan masyarakat dan animo masyarakat terhadap pertanian. Dengan begitu, masyarakat petani  akan lebih bersemangat dan  mampu membuka lahan-lahan kosongnya untuk  dijadikan sebagai  areal pertanian,” harap Dosmar.

Senada disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan Dan Anak (PMDP2A) Eben Vandeik Simanungkalit. Dirinya juga meminta kepada seluruh anggota PPS yang sudah dikukuhkan agar serius dan betanggung jawab  dalam melaksanakan tugasnya dalam menyuluh atau mendampingi petani di desa masing-masing.

Masih kata Eben, menurutnya, menjadi anggota PPS  pertanian merupakan tugas yang mulia,di mana tugas dari PPS  pertanian ini adalah untuk membantu masyarakat petani dalam memberikan solusi melalui penyuluhan demi meningkatkan taraf hidup masyarakat petani secara khususnya.

“Jadi kita berharap, anggota PPS Pertanian ini serius dalam mengemban tugasnya, dan tidak boleh malu, karena tugas ini merupakan salah satu  tugas mulia. Tujuanya adalah untuk membantu  petani melalui penyuluhan demi kesejahteraan masyarakat petani nantinya,” kata Eben.(BS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here