DPRDSU: Rp130 M Dana Kesehatan Masyarakat Dialokasikan di APBD 2019

Posted by on Feb 25, 2019 | Leave a Comment

Medan – KoranAntiKorupsi Wakil Ketua Komisi E DPRD Sumut Siti Aminah Peranginangin mengatakan, sedikitnya Rp130 miliar telah dialokasikan untuk dana kesehatan masyarakat di APBD Sumut TA 2019, sehingga dianjurkan kepada masyarakat kurang mampu yang belum masuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, untuk segera mendaftarkan diri.

“Bagi masyarakat kurang mampu yang belum memiliki kartu peserta BPJS Kesehatan, seperti penjaga sekolah, penjaga kuburan, anak yatim piatu, petugas penyapu jalanan maupun buruh bangunan diharapkan segera mendaftar dengan membawa kartu keluarga maupun KTP (Kartu Tanda Penduduk),” ujar Siti Aminah Peranginangin kepada wartawan, Kamis (21/2) di DPRD Sumut.

Menurut Siti yang juga srikandi PDI Perjuangan ini, untuk memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran, bisa menghubungi Komisi E DPRD Sumut dan pesertanya tidak hanya untuk masyarakat kurang mampu, tapi juga untuk Lansia (lanjut usia) maupun guru-guru sekolah minggu.

“Kita di Banggar (badan anggaran) sudah mengusulkan ke Gubsu, agar peserta BPJS Kesehatan yang anggarannya ditanggulangi melalui APBD Sumut ini tidak saja untuk masyarakat kurang mampu, tapi juga untuk para Lansia maupun guru-guru sekolah minggu,” katanya.

Bahkan Siti mengusulkan ke Pemprovsu agar peserta BPJS Kesehatan yang ditanggulangi Pemprovsu mengadopsi sistem yang diterapkan di Pemprov Bali, sehingga masyarakat bisa terbantu apabila ada keluarga yang sakit dan opname di rumah sakit.

“Di Pemprov Bali sudah menerapkan sistem BPJS Kesehatan yang sangat membantu masyarakat. Misalnya ada keluarga kita yang sakit, untuk biaya menjaga pasien yang sedang opname dibayar pemerintah sebesar Rp250 ribu/orang melalui dana APBD. Kebijakan ini sangat membantu masyarakat dalam merawat keluarganya yang sedang sakit,” ujar Siti Aminah.

Berkaitan dengan itu, Bendahara F-PDI Perjuangan ini mengharapkan kepada Pemprovsu agar “mengadopsi” sistem pelayanan BPJS Kesehatan di Pemprov Bali, agar masyarakat tidak merasa terbebani oleh biaya iuran setiap bulannya.(MOC)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here