Dugaan Korupsi di Kemendikbud, Sang Menteri Lapor ke KPK

Posted by on Jun 03, 2013 | Leave a Comment

Mendikbud-M-NuhJakarta – Kpkpos  Gerah karena di lingkungan kerja yang dipimpinnya ada dugaan korupsi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M. Nuh melaporkan dugaan korupsi di lingkungan Wakil Mendikbud kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Benar, Rabu malam pekan lalu. Pak Menteri melaporkan sendiri adanya dugaan korupsi di lingkungan Wamendikbud. Laporan itu berdasarkan hasil pemeriksaan Irjen tentang ada dugaan penyimpangan di lingkungan Wamen,” papar juru bicara KPK Johan Budi di kantor KPK Jakarta, Kamis pekan lalu.

Johan melanjutkan, Mendikbud meminta agar KPK segera melakukan hasil analisis serta klarifikasi dari inspektorat jenderal pendidikan kepada KPK. Laporan tersebut dilaporkan untuk dipelajari lebih jauh apakah ada penyelewengan atau tidak.

Sayangnya, Johan tidak bisa menjelaskan secara rinci kasus korupsi apa yang dilaporkan juga lingkungan Wamen yang mana yang dilaporkan Sang Menteri. Namun berdasarkan informasi yang dikumpulkan, laporan tersebut terkait dengan pembengkakan anggaran di Direktorat Kebudayaan.

Di tempat terpisah, Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Haryono Umar menyatakan berdasarkan investigasi mendalam mengenai pelaksanaan Ujian Nasional, diduga telah terjadi kelalaian, dan pihaknya mencium ada indikasi korupsi dalam proses tender tonase, di mana ada kemungkinan potensi keterlambatan.

Belakangan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Khairil Anwar Notodiputro pun mundur dari jabatannya. Pengamat pendidikan, Darmaningtyas meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menindaklanjuti hasil investigasi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang dugaan korupsi di instansi tersebut.

“Kalau ada laporan korupsi harus di-follow up, terutama dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN), terlepas nanti dalam penyelidikan itu ada korupsi atau tidak,” kata Darmaningtyas yang juga sebagai Dewan Penasihat Center for The Betterment of Education (CBE), di Jakarta, Kamis pekan lalu.

Ia pun mendorong peran Itjen Kemendikbud untuk mengusut kasus korupsi di dunia pendidikan, salah satunya seperti yang diungkap adalah dugaan korupsi dana ujian nasional (UN) 2013. Pasalnya, Itjen merupakan garda depan pemberantasan korupsi di instansi pemerintah yang berfungsi menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan pelaksanaan kegiatan administrasi umum, keuangan, dan kinerja.(ENDY)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here