Dugaan Korupsi PPDB Online di SMA 2 dan 13 Masih Dilidik

Posted by on Jan 08, 2018 | Leave a Comment

Medan – Kpkpos Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut masih melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di SMA Negeri 2 dan 13 Medan. Polda Sumut telah meminta keterangan dari beberapa orang, baik pihak SMA Negeri 2 dan 13 Medan.

“Dari SMAN 13 sudah dilakukan pemeriksaan terdiri dari orangtua murid sebanyak 6 orang, guru PNS 1 orang, pegawai honorer 1 orang mantan Kepsek 1 orang dan ketua komite sekolah. Sedangkan dari SMAN 2 Medan kita telah memeriksa orangtua murid sebanyak 3 orang, guru PNS sebanyak 1 orang, wakil kepala sekolah, mantan Kepsek 1 orang dan ketua komite,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Kamis (4/1).

Dari hasil penyelidikan sementara, kata Nainggolan, dugaan suap yang dipersangkakan kepada Kepsek dalam hal PPDB diluar kelulusan yang ditetapkan oleh Kadis Pendidikan Provsu diperoleh fakta dari keterangan para orangtua murid bahwa dikenakan biaya sumbangan komite yang diserahkan setelah peserta didik baru diterima di sekolah tersebut.

Rencananya, kata Nainggolan, Polda Sumut akan melakukan pemanggilan klarifikasi terhadap 7 orang anggota dan bendahara komite SMA Negeri 13 dan 2 Medan untuk mengetahui penerimaan uang Komite yang dipungut dari para orangtua murid. “Setelah penyelidikan akan dilakukan gelar perkara untuk menentukan kasusnya ke tingkat penyidikan,” sebut Nainggolan.

Sekadar mengingatkan, Polda Sumut sejak pertengahan Desember 2017 sudah memeriksa sejumlah orang dalam rangka proses hukum siswa ilegal di SMAN 2 dan SMAN 13 Medan.(JAC)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here