Eks Dirut Indosat Dituntut 10 Tahun Penjara

Posted by on Jun 03, 2013 | Leave a Comment

indar-atmantoJakarta  РKpkpos  Kasus korupsi Frekwensi IM2, yang menyeret bekas Direktur Utama PT Indosat Mega Media (IM2) akhirnya memasuki tahap penuntutan. Indar Atmanto, bekas Dirut Indosat IM2 dituntut 10 tahun penjara ditambah denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Tuntutan sebanyak itu, kata Jaksa Fadil Zumhana, karena dianggap merugikan negara dengan menyalahgunakan jaringan 3G/ High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) milik PT Indosat Tbk. Tuntutan itu dibacakan secara bergantian oleh tim jaksa penuntut umum di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis pekan lalu.

“Indar terbukti merugikan keuangan negara sekitar Rp 1,3 triliun karena menggunakan frekuensi milik PT Indosat Tbk secara ilegal. PT Indosat Tbk, selaku pemegang alokasi frekuensi radio, tidak dapat mengalihkan alokasi frekuensi radio yang telah diperolehnya kepada pihak lain, dalam hal ini IM2,” tegas Jaksa.

Frekuensi 2,1 GHz dalam sistem 3G yang dikelola Indosat dan dipakai IM2 yang dipermasalahkan jaksa tersebut melanggar Pasal 25 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2000 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit.

Menurut jaksa, penggunaan frekuensi untuk akses internet broadband melalui jaringan 3G milik Indosat oleh IM2 tersebut telah memperkaya PT IM2 dan PT Indosat sejak 2007 hingga 2011 dengan keuntungan sekitar Rp 1,4 triliun.

Usai tuntutan, Indar kecewa karena jaksa telah sewenangwenang. Ia merasa ada yang janggal dari susunan tuntutan yang disampaikan jaksa. Sidang ditunda selama sepekan untuk memberikan kesempatan terdakwa Indar Atmaonto mengajukan pembelaan terhadap tuntutan Jaksa.(ENDY)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here