Gaji Karyawan PT Parasawita Belum Dibayar

Posted by on May 08, 2017 | Leave a Comment

Aceh Tamiang – Kpkpos Karyawan perkebunan PT. Parasawita didampingi Pemkab Aceh Tamiang akan menempuh jalur hukum karena perusahaan belum membayar gaji selama 4,5 bulan.

Upaya menempuh jalur hukum dikemukakan para karyawan bersama Pemkab Aceh Tamiang saat demo dihalaman Kantor Bupati Aceh Tamiang, Selasa (2/5), disambut Wakil Bupati Iskandar Zulkarnain, Asisten I Mix Donald sera sejumlah pejabat lainnya.

Selain mengusung spanduk, para pendemo membawa wajan, piring dan alat masak lainnya sebagai bentuk aspirasi mereka serba kesulitan, baik untuk biaya makan, berobat serta biaya sekolah anak-anak mereka.

Para karyawan PT Parasawita menilai perusahaan telah menjadikan mereka sebagai sapi perah, sementara hak mereka tak dipenuhi perusahaan.

Wabup Aceh Tamiang Iskandar Zulkarnain dihadapan para pendemo menegaskan, pemerintah daerah tak pernah membiarkan permasalahan masyarakat berlanjut. “Sudah sepuluh kali Pemkab Aceh Tamiang bersama DPRK melakukan pertemuan dengan PT Parasawita, tapi perusahaan belum membuka pintu menyelesaikan permasalahanm ini,” ujarnya.

Dikatakannya, sebelumnya perwakilan perusahaan yang melakukan koordinasi dengan dirinya pernah menyampaikan jika tidak dibayar juga akan dilaporkan kepolisi, dia mengaku sudah memberikan kesempatan sepenuhnya kepada karyawan untuk menempuh jalur hukum seperti yang diinginkan.

“Bila karyawan sepakat, kita secara bersama-sama  menempuh jalur hukum, terutama yang dilaporkan adalah wanprestasi dan berkaitan juga undang-undang ketenagakerjaan,” tambah Asisten I Mix Donald, Pemkab Aceh Tamiang juga telah mengirim surat somasi kepada PT Parasawita pada 6 April 2017.

Sementara, Suherman perwakilan karyawan meminta Pemkab Aceh Tamiang mengawal para buruh ketika menempuh jalur hukum nanti. “Pengaduan yang kita lakukan wanprestasi, jika tidak dikawal bersama, kecil keberuntungan bagi karyawan,” sebutnya.

Aksi itu mendapat pengamanan ketat personel polisi dipimpin Kabag Ops Polres Aceh Tamiang AKP Joko Kusumadinata. Puluhan personel Satpol PP juga siaga di kantor Bupati Aceh Tamiang. Namun sekira pukul 12:00 massa membubarkan diri setelah para perwakilan bersama Wabup, Asisten I dan Kabag Ops Polres Aceh Tamiang menyepakati akan melapokan permasalah itu ke polisi bila perusahaan tidak merealisasikan pembayaran gaji yang tertunggak. (Yan)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here