Hakim PN Tangerang Terima Suap Segera Disidang

Posted by on May 14, 2018 | Leave a Comment

Jakarta – KoranAntiKorupsi KPK telah melimpahkan berkas penyidikan hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang Wahyu Widya Nurfitri ke penuntutan. Hakim yang dicokok KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) itu akan segera menjalani sidang.

Pelimpahan berkas Widya dilakukan bersama 3 orang lainnya yang juga terjerat kasus ini. Mereka adalah Tuti Atika, Agus Winarto, dan HM Saipudin.

“Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti, dan 4 tersangka tindak pidana korupsi suap kepada hakim PN Tangerang terkait putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili ke penuntutan tahap 2,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (11/5/2018).

Untuk melengkapi berkas tersebut, KPK telah memeriksa 10 saksi, yang terdiri atas unsur ketua pengadilan dan hakim di PN Kelas IA Khusus Tangerang, Kepala Puskesmas Bawangan, advokat, serta swasta. Sidang kasus ini rencananya digelar di PN Jakarta Pusat.

Widya dijerat KPK sebagai tersangka karena menerima suap Rp 30 juta terkait perkara gugatan perdata wanprestasi di PN Tangerang Nomor 426/Pdt.G/2017/PN Tng. Pihak tergugat adalah Hj M cs. Permohonannya agar ahli waris mau menandatangani akta jual-beli melalui pemberian pinjaman utang sebelumnya.

Uang suap itu diduga didapat dari Agus Winarto dan HM Saipudin selaku advokat dari pihak tergugat.

KPK juga menduga Tuti Atika selaku panitera pengganti PN Tangerang, yang membantu Widya dalam perkara tersebut, turut menerima suap. Tuti disebut sebagai pihak yang menginformasikan soal putusan ‘menolak gugatan’ kepada kedua advokat tersebut.

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here