Ide Bisnis Racun Kalajengking Tuai Sengatan

Posted by on May 07, 2018 | Leave a Comment

Ungkapan Presiden Joko Widodo kembali viral, kali ini soal racun kalajengking yang merupakan komoditas berharga tinggi di pasaran mencapai Rp145 miliar per liter dan merupakan peluang bisnis bagi masyarakat. “Jadi kalau mau kaya, cari racun kalajengking,” ujar Jokowi, di hadapan para kepala daerah saat acara Musrembang Nasional di Jakarta.

Warganet alias netizen pun menyambut riuh ide bisnis tersebut, ada yang sini ada juga yang mendukung dan menyebutkan suatu ide kreatif, tapi yang pasti dari akun tersebut banyak ucapan tulisan sinis yang tersampaikan serasa sengatan kala jengking yang bisa mematikan.

Tidak saja warga net, Akun resmi Partai Gerindra yang selama ini sebagai partai oposisi ikut bercuit dengan menyebut bahwa Pemerintah seharusnya memberi solusi yang nyata.

“Cukup!! Cabai mahal, tanam sendiri. Daging mahal, makan keong sawah. Beras mahal, tawar. Cukup sudah bercandanya, kondisi perekonomian kita sedang tidak baik. Tolong berikan solusi itu yang baik dan benar. Ini Republik Indonesia, bukan Republik Dagelan,” cuit akun tersebut, Rabu (2/5).

Ada pula cuitan lain seperti akun Twitter Don Adam yang menyebut meski berharga mahal, bahwa tak satu pun dari 500 orang terkaya dunia versi majalah Forbes merupakan peternak kalajengking.

Membaca cuitan yang dilontarkan tentu saja banyak yang mengundang tawa walaupun sebenarnya ucapan tersebut seperti tamparan, namun dimasa tahun politik yang saat ini sangat panas, ciutan tersebut menjadi komedian yang sedikit menghibur.

Media sosial atau sosmed saat ini memang trend sebagai ajang orang mengekpresikan diri mulai dari kegembiraan, pamer kekayaan dan kecantikan hingga kekecewaan terhadap keadaannya saat itu, bahkan berita yang umumnya tidak diketahui atau agak sedikit rahasia tak pelak akibat sosmed menjadi terbuka mulai dari pujian hingga bullyan.

Walau akhirnya ide bisnis racun kalajengking kebanyakan menjadi bullyan namun seperti biasa Presiden Jokowi menyambut santai hal tersebut.

Ada banyak kemungkinan maksud yang disampaikan ide bisnis racun kala jengking dari presiden Jokowi tersebut, bisa saja memang spontan karena sifatnya yang memang mendeso atau sindiran kepada para Kepala daerah agar menghindari niat korupsi, atau memang meminta rakyatnya jangan mengeluh disituasi yang pelik saat ini dan kalau mau kaya tentu bekerja keras seperti susahnya mencari racun kala jengking tersebut.

Namun tentu saja hal ini banyak pihak menilai tidak pantas seorang presiden mengucapkan hal tersebut, seharusnya dia memikirkan untuk peluang lapangan kerja bagi rakyatnya sesuai janji kampanyenya.

Yang pasti saat itu ucapan Jokowi adalah membahas harga komoditas yang punya nilai tinggi. Di antara komoditas bernilai tinggi itu dia menyebut cairan racun kalajengking, yang harga tiap liter mencapai ratusan miliar rupiah.

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here