Introspeksi Di Tahun Baru

Posted by on Jan 07, 2019 | Leave a Comment

Biasanya setiap malam memasuki pergantian tahun, kemeriahan terpancar dari setiap sudut mulai pesta kembang api hingga penuhnya setiap hotel oleh para tamu, namun kali ini sepertinya kemeriahan tersebut sedikit meredup, tidak dapat dipastikan apakah karena faktor ekonomi atau karena banyaknya bencana yang timbul dalam memasuki pergantian tahun sehingga membuat banyak orang mengurungkan niat untuk merayakannya.

Memang sebaiknya pergantian tahun baru haruslah diisi dengan berkumpul dengan keluarga saling intropeksi diri apa yang telah diperbuat pada tahun sebelumnya dan merencanakan hal yang terbaik untuk tahun baru yang akan mulai dijalani.

Berkumpul bersama keluarga dirasa lebih baik sambil berbincang tentang program yang akan dilakukan kedepan, apalagi selama ini masing-masing telah sibuk dengan kegiatan rutinitas yang dijalani, sehingga ajang berkumpul bersama keluarga sering terabaikan.

Apalagi tahun 2019 kali ini bersamaan dengan diadakan ajang pemilu dan salah satunya pemilihan presiden, terkadang sering terjadi perdebatan antara suka dengan tidak suka. Lihat saja perdebatan di media sosial terkadang bisa dibilang sudah hampir tidak terkontrol dimana terlontar tulisan kasar hingga tulisan yang seharusnya tidak tersebutkan.

Memang adalah hal yang biasa dalam setiap perbedaan, namun seharusnya perbedaan itu bukan menjadikan ajang kegaduhan yang meruncing dan bahkan menjadikan permusuhan apalagi terjadi pembunuhan, dan sudah barang tentu hal itu adalah sikap yang tidak sehat.

Mari kita buat perbedaan itu sebagai hal yang indah bukan menjadikan kegaduhan, karena siapapun pemimpin nanti adalah orang yang harus kita hormati dan diberikan kesempatan untuk melaksanakan yang menjadi program dan misinya dalam membangun negeri, jangan dengar momok yang didapat tentang ketakutan jika si A atau si B terpilih maka negara akan hancur dan sebagainya. Berikan kepercayaan kepada pemimpin terpilih untuk melaksanakan program kerja yang telah ditargetkannya dalam visi dan misinya.

Dan yang paling utama serahkan kepada pemilik dan pencipta alam ini dan kita berdoa dan meminta kepada NYA untuk diberikan pemimpin yang bisa menjalankan amanah sehingga siapapun yang terpilih nantinya itu adalah yang terbaik buat bangsa Indonesia. dan kita harus bisa menerimanya dan mendukungnya.

Ingatlah “Baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah.” Karena biasanya kalau kita baik hanya menurut hawa nafsu. Kalau Allah maha tahu atas segalanya. Maka doa adalah salahsatu utama yang dapat mengubahnya.

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here