Jalan Menuju Lokasi Wisata Silalahi Longsor

Posted by on May 08, 2017 | Leave a Comment

Alat berat yang dikerahkan membersihkan material longsor.

Alat berat yang dikerahkan membersihkan material longsor.

Sidikalang – Kpkpos Hujan deras menguyur perbukitan Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi selama 12 jam. Akibatnya, akses jalan putus total akibat tertimbun material longsor batu bercampur  tanah serta batang pohon.

Sedikitnya ada 10 titik longsor yang terjadi sepanjang jalan menuju lokasi wisata Tao Silalahi tersebut dan terparah ada 3 titik longsor. Material longsor menutup seluruh badan jalan dan parit di sisi kanan dan kiri jalan. Sumbatnya parit membuat air mengalir dari badan jalan membawa bebatuan serta lumpur.

Putusnya akses jalan membuat warga yang akan menuju Kecamatan Silahisabungan harus memutar jauh lewat Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Akibat longsor tersebut juga berdampak pada sepinya wisatawan yang akan berkunjung ke Tao Silalahi.

Camat Silahisabungan, Esra Anakampun melalui Sekcam, Saut Siboro didampinggi Kepala Desa Silalahi II, Buman Pintubatu ditemui di lokasi longsor mengatakan, diduga longsor terjadi pada, Senin dinihari pukul 04.30 WIB, akibat diguyur hujan sepanjang sore hingga pagi hari.

“Saat ditinjau pagi hari badan jalan sudah tertimbun material longsor, kemudian kami meminta bantuan ke pihak BPBD Dairi untuk menurunkan alat berat membersihkan material longsor,” ucap Saut.

Selanjutnya Kasat Lantas Polres Dairi, AKP L Marpaung ditemui di lokasi longsor mengatakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pihak lantas Polres Dairi menurunkan petugas untuk mengamankan arus lalulintas.

“Sejak pukul 09.00 WIB kami sudah melakukan pengamanan dan menutup jalan masuk, agar warga dan wisatawan yang akan berkunjung ke Tao Silalahi tidak masuk dan melintas ke lokasi yang masih rawan bahaya,” ujar Marpaung.

Pantauan di lokasi, akses jalan kembali normal dan dapat dilalui kendaraan, setelah satu unit alat berat milik Pemkab Dairi diturunkan membersihkan materaial longsor. (NDK)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here