Jelang Operasi, Kondisi Mata Novel Terus Dicek

Posted by on Oct 30, 2017 | Leave a Comment

Jakarta – Kpkpos Penyidik Senior KPK Novel Baswedan masih berjibaku dengan sakit yang dialami di bagian mata setelah disiram dengan air keras sekitar enam bulan lalu.

Kabar terkini, Novel baru saja melakukan perawatan rutin atas kondisi matanya di rumah sakit Singapura. “Hari ini, 196 hari setelah penyerangan, direncanakan pemeriksaan lanjutan dari pemeriksaan kemarin yakni pemeriksaan retina dan glaukoma oleh dua dokter ahli yang berbeda,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, Rabu (25/10).

Kata Febri, Latar belakang dilakukannya kedua pemeriksaan ini berdasarkan rekomendasi dokter adalah untuk menjaga kondisi retina dan sirkulasi cairan di dalam bola mata harus selalu dalam kondisi baik (tidak boleh ada gangguan).

“Untuk Pemeriksaan Glaukoma, dokter melakukan Pengukuran tekanan bola mata. Hal ini dikarenakan hasil pengecekan pada tanggal 19 Oktober 2017 lalu, yang menyebabkan operasi ditunda, disebabkan oleh tidak ratanya pertumbuhan permukaan retina (tidak smooth) pada mata kiri,” tutur Febri.

Hasilnya, mata sebelah kanan Novel berada dalam kondisi yang cukup baik dengan angka tekanan mata sebesar 17.

Sementara mata kiri, tidak dapat dilakukan test secara spesifik (hanya diperiksa dengan menekan kelopak mata bagian atas) karena tertutup gusi, namun diperkirakan sedikit lebih tinggi dari mata kanan.

“Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan hari ini. Jadwal cek rutin sebelum operasi tahap 2 akan dilakukan sesuai arahan dokter,” tandasnya. (IN/BBS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here