Jokowi Digugat Rp343 Miliar

Posted by on Oct 01, 2012 | 1 Comment

SOLO – Sidang perdana gugatan dua warga Solo, Jawa Tengah, terhadap Joko Widodo (Jokowi) digelar di Pengadilan Negeri Surakarta. Dua warga tersebut menganggap Jokowi melanggar sumpah jabatan sebagai wali kota dan melakukan praktik wanprestasi. Jokowi digugat sebesar Rp343 miliar.

Pengacara penggugat, Hadi Fahrudin, menjelaskan, saat terpilih sebagai wali kota untuk periode kedua, Jokowi berjanji akan mengemban amanat rakyat Solo sampai habis masa jabatannya hingga 2015 mendatang.

“Saat kampanye dulu, Jokowi berjanji akan menjadi wali kota dan itu diucapkan saat kampanye di mana-mana. Selain itu, Jokowi juga sudah mengucapkan sumpah atau janji jabatan sebagai Wali Kota Solo di hadapan anggota DPRD dan masyarakat untuk menjaga amanat sampai habis masa jabatannya,” jelas Hadi, saat ditemui di PN Surakarta, Rabu.

Menurut dia, dengan mengikuti Pilgub DKI, Jokowi sama saja telah melecehkan masyarakat Solo. Padahal, saat pemilukada lalu, warga Solo mutlak mendukung Jokowi sehingga dia mampu mengumpulkan 248.243 suara atau sekira 90 persen.

“Itu kan sebagai wujud kecintaan warga Solo terhadap Jokowi, tapi kok ditinggalkan begitu saja,” ucap Hadi.

Sementara itu, salah seorang penggugat Jokowi, Paidi, mengatakan, gugatan itu dilayangkan karena dia tidak rela Jokowi menjadi Gubenur DKI Jakarta sebelum masa tugasnya sebagai wali kota berakhir.

“Kami tidak rela Jokowi jadi Gubenur DKI Jakarta kalau jabatan di Solo belum tuntas. Apalagi, Jokowi telah menikmati fasilitas yang dananya dari keringat warga Solo,” kata Paidi, usai sidang. Dia juga berharap PN Surakarta memutus perkara ini dengan adil.

Sementara itu, pengacara Jokowi, Suharso, meminta pihak pengadilan tidak melanjutkan persidangan. Pasalnya, gugatan yang dilayangkan tidak mendasar dan mengada-ada. Dalam sidang perdana itu, pihak pengadilan memberi kesempatan dua pihak untuk melakukan mediasi. (OZ/BBS)

1 comment

  1. Cristian says:

    Bandung,July’14,2013 Yth.Bpk Jokowi,semenjak bapak mau mencalonkan jadi Gub.DKI saya sdh malihet bahwa bpk akan jadi pemenangnya,kenapa saya bilang begitu itulah mata bathin mengatakan seperti itu,pantas Nabiyulloh Muhammad ,saw. mengatakan kepada kita, carilah ilmu kalau perlu sampai ke Negeri Cina!! karena apa yg dikatakan beliau bukan karena nafsu tapi wahyu, karena Nabi sdh tidak ada lagi,jadi sekalipun wahyu tdk akan turun namun bagi orang yg Mujahadah atau Istiqomah pasti kebesaran Allah pasti di turunkan,itu kami rasakan ketika setelah kami berguru agama di Secang Magelang dan para Kyai mengatakan : sampean ini bisa jadi wali !! tapi bagi kami tdk berharap yg jauh,yg penting hidup tentram damai dan jika kembali padaNya bebas dari siksa Neraka, dan ucapan kyai betul bisa dirasakan, sekalipun kami tdk setarap Pak Permadi yg lebih dan hebat, tapi makna kata bathin memang jadi nyata, ketika kami masih tinggal di Los Angeles, California..waktu itu kebetulan mau ada Pemillihan Presiden RI maupun Pemilihan Presiden di AS..yg kenal saya di KBRI menanyakan kpd saya : Pak Adam ,siapa yg akan jadi Presiden di Indonesia dan Presiden di America ??! dan saya jawab,spontan ; Di Indonesia pasti Pak SBY, dan di America Obama!! dan kenyataan nya memang betul beliau2lah yg jadi Presiden, begitu juga untuk Presiden th’14 kami sudah tahu siapa orangnya, yg jelas dari partai kita ! , semoga pak Jokowi mengemban Jakarta akan jauh lebih succsess agar saya mendapat tugas dari bapak, dan kami bisa menjadikan Solo jadi sister city dengan Los Angeles, karena saya bisa ketemu dgnya(Mr.Arnold Schwaznegger) sekali lagi selamat do’a sholat malamku selalu menyertai bapak .Gracias muchas gracias el senor Jokowi, hasta la vista.Best regards,Wendi Adams.

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here