JR Saragih Belum Aman

Posted by on Mar 12, 2018 | Leave a Comment

jr-saragihMedan – KoranAntiKorupsi Bakal calon Gubernur Sumatera Utara, Jopinus Ramli Saragih belum bisa tenang meski Bawaslu sudah mengabulkan permohonannya. Kali ini, JR Saragih dilaporkan ke sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) atas dugaan menggunakan cap stempel legalisir palsu di fotokopi ijazah miliknya.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan ada laporan yang disampaikan seorang masyarakat bernama Nur Marhadi Dermawan ke pos sentra Gakkumdu di Bawaslu Sumut.

“Membuat laporan itu, masyarakat atasnama Nur Marhadi Dermawan atas dugaan laporan pemalsuan setempel legalisir fotokopi ijazah sebagai pencalonan Gubernur Sumut atas nama JR Saragih,” kata Sumanggar Siagian, saat dikonfirmasi VIVA, Jumat pagi, 9 Maret 2018.

Sumanggar mengatakan pihak Gakkumdu akan mempelajari laporan tersebut. Menurutnya, sesuai peran Sentra Gakkumdu, tiga instansi yaitu kepolisian, kejaksaaan, dan Bawaslu.

“Sentra Gakkumdu itu, ketua dari Baswalu didampingi oleh pihak kepolisian dan kejaksaan. Pastinya, akan mendalami semua laporan tersebut,” tuturnya.

Sumanggar menekankan tim sentra Gakkumdu sudah melakukan rapat untuk menyikapi laporan tersebut. Koordinasi juga sudah dilakukan dengan KPU Sumut untuk meminta bukti fotokopi ijazah SMA milik JR Saragih kepada KPU Sumut yang dijadikan barang bukti dalam penyeledikan tersebut. “Kita akan mendalami bukti-bukti juga, salah satunya, fotokopi ijazah, bukti dari ada klarifikasi eksekutif Partai Demokrat. Hal ini, akan kita dalami penyeledikannya,” jelas Sumanggar.

Pasangan Cagub Cawagub Sumut JR Saragih dan Ance Selian saat mendaftar ke KPU beberapa waktu lalu. Selanjutnya, kata dia, pihak Gakkumdu akan meminta klarifikasi dengan melakukan pemeriksaan terhadap pihak terkait, dalam waktu dekat ini.

“Ke depan akan melakukan klarifikasi dengan pelapor terhadap ijazah tersebut. Kita akan uji, laboratorium. Kita akan melakukan klarifikasi dengan JR Saragih dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI,” ujar Sumanggar.(INT)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here