Kacabdis Lahusa Nisel Ditahan

Posted by on Mar 11, 2013 | Leave a Comment

DITAHAN - Tersangka SA (pakai helm) yang ditahan pengawalan ketat.

DITAHAN – Tersangka SA (pakai helm) yang ditahan pengawalan ketat.

Nias Selatan – Kpkpos  Kejaksaan Negeri Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan menetapkan Kacabdis Lahusa  SA mantan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lahusa sebagai tersangka dugaan korupsi dana Bantuan Opresional Sekolah (BOS) TA. 2010/2011 sebesar Rp550 Juta.

Sesuai hasil ekspose Kejari Telukdalam dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) belum lama ini, ternyata ditemukan adanya kerugian Negara. Penetapan SA sebagai tersangka juga diperkuat dengan keterangan beberapa orang saksi yang diperiksa penyidik.

“Sehingga Kacabdis Lahusa SA mantan Kepala Sekolah SMP Negeri 1  Lahusa, kita tetapkan sebagai  tersangka dan akhirnya ditahan,” ujar Kajari Telukdalam melalui Kasi Intel Nixon Andreas Lubis SH, di ruang kerjanya, Selasa.

Tersangka SA yang tersandung dalam kasus korupsi, sudah beberapa kali dipanggil, tapi tidak memenuhi panggilan. SA selama ini tidak proaktif dalam memenuhi panggilan. Malah, SA melalang buana entah ke mana selama satu bulan lebih.

Pada Selasa (5/3) tersangka memenuhi panggilan ke Kejaksaan Negeri Telukdalam, sehingga SA diperiksa secara intensif dan akhirnya langsung ditahan. SA diperiksa dari Jam 10.00 s/d 16.30 wib dibawa langsung ke Gunung Sitoli dengan pengawalan ketat memakai tiga mobil.
Kasus ini juga, kata Nixson, masih terus dalam pengembangan penyidikan.

“Tidak tertutup kemungkinan, akan  ada tersangka lain. Bahkan, saksi-saksi yang diperiksa bisa  jadi tersangka. Kita tunggu hasil pengembangan penyidikan lanjutan,” ujarnya.

Dengan terbongkarnya kasus ini, terangnya, diharapkan agar  hal ini menjadi pintu masuk untuk mengungkap dugaan korupsi lain yang terjadi di Kabupaten Nias Selatan.

Hasil pantau awak media ini, beberapa kejadian aneh terjadi saat tersangka hendak diboyong ke mobil tahanan. Di antaranya, ada seorang wanita menjerit histeris saat tersangka diboyong dan sejumlah keluarga tersangka juga menghalangi awak media yang ingin mengabadikan peristiwa itu. Selain itu, saat tersangka keluar dari ruang pemeriksaan mengenakan helm, sehingga wajahnya tertutup.

Dilaporkan, selain SA, ada beberapa pejabat yang juga diperiksa terkait kasus dugaan korupsi ini. Diantaranya Kabid dikdas Dinas Pendidikan Nisel Philianus Telaumbanua SPd dan Kontraktor asal Hibala Timo Manao.

 Seperti diketahui, sebelumnya,  pihak Kejari Telukdalam,  telah melakukan penggeledahan sekaligus  menyita sejumlah dokumen yang berhubungan dengan SPJ Dana BOS di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nisel. Bahkan Kantor SMP Negeri  I Lahusa digeledah oleh Tim Kejari Telukdalam di komandoi langsung Kasi Intel  Nixon Lubis SH.

Terpisah, tokoh pemuda Nias Selatan Ampuni Dachi yang merupakan salah seorang yang peduli pemberantasan korupsi,  mengapresiasi pihak Kejari Telukdalam terkait keseriusan  lembaga penegak hukum tersebut membongkar sejumlah dugaan korupsi  yang terjadi di Nisel.

Namun, pihaknya berharap agar prestasi yang gemilang tersebut  terus berlanjut sehingga  memulihkan kembali  kepercayaan  masyarakat Nisel  khususnya terhadap  Kejaksaan  Negeri Telukdalam yang selama ini sudah mulai pudar. Kendati begitu,  pihaknya, siap mendukung Kejari Telukdalam membongkar  dugaan korupsi diduga merajalela di Kabupaten Nisel. (DUHA)

Leave a comment

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create