“Kartu Kuning” Buat Jokowi Siratkan Makna dan Harapan

Posted by on Feb 05, 2018 | Leave a Comment

Jakarta – Kpkpos Presiden RI Joko Widodo tidak tersinggung dengan aksi seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang mengacungkan sebuah buku berwarna kuning, layaknya kartu kuning dalam pertandingan sepak bola.

Peristiwa itu terjadi ketika Jokowi menerima Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI selepas acara Dies Natalies ke-68 UI di Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Zaadit Taqwa mengacungkan kartu kuning ke Presiden Joko Widodo.

Ia mengangkat tinggi-tinggi sebuah buku paduan suara UI berwarna kuning sambil meniup peluit panjang. Bak wasit sepak bola, Zaadit mengibaratkan kartu kuning tersebut sebagai peringatan kepada Jokowi.

“Sudah seharusnya Presiden Joko Widodo diberi peringatan untuk melakukan evaluasi di tahun keempatnya” kata mahasiswa Fakultas MIPA ini.

Aksi Zaadit itu pun langsung menarik perhatian Jokowi dan seisi ruangan.

Seorang personel Pasukan Pengamanan Presiden langsung mengamankan Zaadit ke luar ruangan. Sambil berjalan ke luar ruangan, Zaadit masih terus mengangkat kartu kuning yang ia berikan ke Jokowi. Namun, ia mengaku tak mendapatkan perlakuan kasar dari Paspampres.

“Cuma diminta keterangan saja. Diminta identitas,” kata Zaadit.

Sementara itu juru bicara Presiden, Johan Budi, menyampaikan Jokowi tidak memberi reaksi khusus atas aksi mahasiswa itu. “Terhadap aksi ini Presiden Jokowi biasa saja, tidak tersinggung,” ujar Johan melalui pesan singkat, Jumat, 2 Februari 2018.

Menurut Johan, Jokowi juga telah sengaja meluangkan waktu untuk hadir di acara itu. Namun Jokowi tidak mempermasalahkan jika pada akhirnya acara batal dilaksanakan akibat aksi tersebut.

“Sebenarnya sudah dijadwalkan Presiden menerima ketua BEM selepas acara, karena katanya ada yang mau disampaikan dari BEM UI kepada Presiden. Tapi tidak tahu, tiba-tiba saat acara di dalam, ada mahasiswa yang mengacungkan buku berwarna kuning,” ujar Johan.(int)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here