Kejari Aceh Barat Usut Kasus Korupsi Dana Desa

Posted by on Jan 14, 2019 | Leave a Comment

unjuk-rasa-korupsi-dana-desaMeulaboh – KoranAntiKorupsi Ratusan masyarakat dari beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Barat kamis lalu melakukan aksi unjuk rasa ke kantor DPR kabupaten setempat, dalam aksi dikantor wakil rakyat itu para pengunjuk rasa meminta kepada anggota dewan mengeluarkan rekomendasi agar penegak hukum segera melakukan penyidikan terhadap kasus korupsi dana desa yang terindikasi diselewengkan di beberapa gampong di Aceh Barat.

Dikantor DPRK para pengunjuk rasa diterima oleh wakil ketua DPRK Samsi Barmu. Dalam pertemuan itu wakil ketua DPRK Samsi Barmi mengatakan akan merekomendasikan agar kasus korupsi dana desa yang terindikasi diselewengkan dapat diusut tuntas oleh Kejaksaan dengan  secara terbuka.

Usai bertemu dengan anggota dewan, para pengunjuk rasa mendatangi Kantor Kejari setempat dengan harapan pihak Kejari agar merespon tentang dugaan kasus korupsi Dana desa sesegera mungkin.

Dikantor Kejaksaan, para pengunjuk rasa diterima oleh Kasi Pidana Khusus Kejari Aceh Barat, Fahrur Rozi didampingi Kasi Intel Ronal, memberikan penjelasan dihadapan massa yang menggelar aksi unjukrasa ke kantor Kejari setempat di Meulaboh, Dalam pertemuan tersebut Kejaksaan Negeri Aceh Barat memastikan akan melakukan pengusutan secara hukum terhadap sejumlah laporan dugaan penyalahgunaan dana desa di kabupaten Aceh Barat.

“Kami pastikan semua laporan yang masuk, saat ini masih kami lakukan pemeriksaan untuk ditindaklanjuti,” kata Kasi Pidana Khusus Kejari Aceh Barat, Fahrul Rozi didampingi Kasi Intel Ronal R dihadapan massa, Kamis siang.

Karena banyaknya laporan yang masuk ke kejaksaan, hal menjadi terkendala karena pemeriksaan terhadap sejumlah laporan, harus dilakukan analisa dan pemeriksaan secara hati-hati sesuai dengan aturan yang berlaku. Menurutnya semua laporan yang sudah diterima Kejari Aceh Barat dipastikan akan ditindaklanjuti, namun karena keterbatasan waktu, pemeriksaan harus dilakukan satu per satu agar nantinya pengusutan ini tidak terkendala.

“Pelan-pelan diperiksa, ada uji dokumen, dan masih dilakukan analisa,” tambahnya. Oleh karena itu, Kejari Aceh Barat meminta masyarakat bersabar karena untuk mengusut sebuah perkara, ada tahapan dan proses sesuai dengan mekanisme dan yang berlaku di institusi kejaksaan.

Ia menegaskan, dalam pemeriksaan yang dilakulan jaksa, terdapat adanya unsur pelanggaran seperti pelanggaran administrasi maupun pelanggaran lainnya. namun, Kejari Aceh Barat memastikan tetap akan memproses kasus tersebut secara tuntas, apabila ditemukan indikasi tindak pidana korupsi dan alat bukti dalam kasus dana desa yang sudah dilaporkan masyarakat ke institusi kejaksaan. ungkapnya.

Dalam aksi ini, sejumlah perwakilan warga secara bergantian menyampaikan aspirasinya dan mempercayakan pengusutan kasus dana desa ditangani oleh kejaksaan di Aceh Barat. “Kami meminta kepada Kejari Aceh Barat untuk menuntaskan pengusutan kasus ini, semuanya ada 19 desa yang sudah dilaporkan,” ungkap para pengunjuk rasa.¬† (YAN)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here