Kejati Sumut Pulangkan Berkas Tersangka OTT

Posted by on May 08, 2017 | Leave a Comment

Medan – Kpkpos Masih dinyatakan belum lengkap (P-19), Kejati Sumut mengembalikan berkas milik ?Malthus Hutagalung, tersangka yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Deli Serdang.

“Setelah diteliti, Jaksa penuntut umum (JPU) menyatakan berkas masih P-19,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) dan Humas Kejati Sumut, Sumanggar Siagian? kepada wartawan, Jumat (5/5).

Pengembalian berkas disertai dengan petunjuk teknis dari JPU untuk segera dilengkapi penyidi kepolisian. Setelah petunjuk dilengkapi, baru lah JPU menyatakan berkas perkara milik? mantan Kepala Seksi Survei, Pengukuran dan Pemetaan Kantor Pertanahan BPN Deli Serdang itu dinyatakan lengkap atau P-21.

“Berkas perkara ini segera dikembalikan kepada pihak kepolisian Poldasu untuk segera dilengkapi,” ucap mantan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Binjai itu. Dalam kasus ini, Kejati Sumut sudah menunjuk tim JPU yang dikomandoi oleh Fitri Zulpahmi bersama rekan-rekan.

Diketahui, Malthus Hutagalung ditetapkan sebagai tersangka setelah Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Poldasu melakukan pemeriksaan sejumlah saksi pada OTT yang berlangsung, Jumat tanggal 10 Febuari 2017 lalu di Kantor BPN Deli Serdang.

Dalam kasus OTT ini, berdasarkan keterangan para saksi, modus Malthus Hutagalung yaitu memaksa meminta sejumlah uang pungutan yang tidak resmi untuk penerbitan tujuh persil peta bidang tanah yang sedang ditangani.? Dari OTT, polisi mengamankan uang mencapai miliar rupiah dan dokumen-dokumen.(MTC)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here