Kepala Dinsos Asahan Dituding Pungli Kube

Posted by on May 08, 2017 | Leave a Comment

Kisaran – Kpkpos Mahasiswa yang tergabung dalam Satuan Pelajar Maha­siswa (Sapma) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Asa­han unjukrasa di halaman kantor Bupati Asahan di Ki­saran, Rabu (3/5).

Aksi itu dilatarbelakangi, karena mereka menilai Dinas Sosial (Dinsos) telah mela­kukan pungutan liar (pungli) terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang mendapatkan bantuan sosial dari Pemkab Asahan.

Muhammad Irpandi dan Johan Andika Siagian selaku penanggung jawab dan Koordinator Lapangan (Korlap) dalam orasi mengatakan, praktik Pungli diketahui berdasarkan hasil investigasi di Desa Urung Pane Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan.

Kube, kata mereka, meru­pakan progam Dinsos yang merupakan wadah anggota kelompok tergolong masya­rakat miskin, tumbuh dan berkembang atas dasar pra­karsanya sendiri. Kube merupakan suatu langkah efektif mengurangi kemiskinan, namun realitanya di Asahan Kube yang seyog­yanya mampu dimaksimalkan untuk penanggulangan ke­miskinan tidak berjalan seba­gaimana diharapkan.

Menurut mereka, Kepala Dinsos Asahan diduga  mela­kukan tindakan penyalahgu­naan wewenang terhadap Ku­be penerima bantuan sosial.

Dari investigasi di Urung Pane, ditemukan ada inter­vensi Dinsos kepada Kube untuk merubah judul proposal. Kemudian, ada kewajiban Ku­be mendapat dana bantuan untuk mem­berikan uang sebe­sar Rp5 juta kepada pihak Dinsos melalui benda­hara berinsial S dan hal itu disam­paikan pendamping Kube setiap kelompok.

“Ini sungguh berani dan  mema­lukan,” ungkap Irpandi dan mengata­kan ada lagi ben­tuk manipulasi yang dilaku­kan, yaitu alat jenis usaha dibe­lanjakan dinas.

Mereka menyebutkan, be­berapa Kube yang mengalami tindakan kesewenangan dari Dinas. “Kami minta Bupati Asahan mengusut hal ini,  bah­kan kalau perlu pihak penegak hukum mengusutnya,” ung­kapnya.

Setelah berorasi, massa Sapma IPK Asahan diterima Asisten I, Taufik Zainal yang menegaskan, pihaknya akan menindaklanjuti informasi itu terkait dugaan pungli yang dilakukan oknum-oknum ter­tentu.

Dia akan mengecek ke Din­sos guna mempertanyakan mekanisme sebenar­nya dalam pemberian bantuan ke Kube. “Kami akan segera cek ini,” ungkapnya dan mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang menggelar aksi demo dengan tertib. (MOC)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here