Korban Kasus Pencurian Lapor ke Kejatisu

Posted by on Jan 14, 2019 | Leave a Comment

Deli Serdang – KoranAntiKorupsi Salah seorang korban pencurian, Tono alias Atek, akhirnya melalui penasihat hukumnya Edy Murya SH MH,  melaporkan kasusnya kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara U/P Aswas Kajati Sumut.

Tono alias Atek, beralamat di Jalan T Raja Muda 99 Kelurahan Lubuk Pakam I-II Kabupaten Deli Serdang, dalam laporannya yang telah diterima di Kejati Sumut No 01/Pid/LF.E5/Xi/ 2018 itu, meminta pengawasan untuk penuntutan dan penahanan perkara tindak pidana pencurian dengan pemberatan berdasarkan surat tanda penerimaan laporan No STPL/ 147/ IX//2016/SU/RESDS/SEK Lb Pakam  22 September 2018.

Adapaun alasan diajukannya permintaan pengawasan tersebut, karena penyidik di Sektor Kepolisian Lubuk Pakam, nyatanya telah membebaskan tersangka penadah, yang saat ini bebas di luar, dengan penangguhan penahanan.

Akibat penadahan itu, ungkap Edy Murya, kliennya (korban) telah dirugikan. Kalau dinilai uangnya berkisar Rp830.000.000,- Diungkapkan Edy Murya, yang dipersangkakan sebagai penadah adalah pengusaha besar barang barang bekas (pengumpul tunggal) di Kabupaten Deli Serdang, berinisial PS dan A.

Dengan tidak dilakukannya penahanan terhadap penadah PS dan A, yang berkas perkaranya terpisah sesuai dengan  pengiriman berkas perkara No. BP 150C/10/2018 Reskrim Kapolsek Lubuk Pakam tanggal 17 Nopember 2018 juga telah dikirimkan ke Kajaksaan Negeri Lubuk Pakam.

Dikhawatirkan, perbuatan serupa akan berlanjut terus-menerus mengakibatkan keresahan masyarakat khususnya pelapor dan pengadu yang mempertanyakan kasus tersebut. Untuk membuktikan penadah telah melakukan perbuatan yang dipersangkakan, tambah Edy Murya, telah dikirimkan kelengkapan berkas dan foto barang bukti yang telah disita penyidik pada Oktober 2018 oleh Kepala KJRI Lubuk Pakam via Kasi Pidum dan JPU Lubuk Pakam.

Edy menambahkan, pelaporan ke Aswas Kajati Sumut itu, untuk dijadikan perkembangan dalam melaksanakan fungsi dan kewenangan Jaksa Penuntut Umum di tingkat penuntutan nanti. Saat dikonfirmasi ke JPU Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam, Nurli Angkat, Rabu (9/12)kepada wartawan meenyebutkan, berkas perkara PS dan A yang diterima dari Penyidik Polsekta Lubuk Pakam telah dikembalikan untuk melengkapi bukti kuitansi dari barang yang hilang dalam kasus pencurian tersebut. (R/U)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here