KPK Bantah Abaikan Perkara Mantan Dirut Jasindo

Posted by on Aug 07, 2017 | Leave a Comment

Jakarta – Kpkpos Komisi Pemberantasan Korupsi menyangkal pandangan sejumlah pihak yang menyebut telah mengabaikan kasus dugaan korupsi yang melibatkan mantan Dirut Jasindo, Budi Tjahjono.

Meski jarang terpampang di jadwal pemeriksaan saksi-saksi untuk kasus ini, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengklaim perkara ini masih berjalan. Padahal, teranyar KPK memanggil saksi dalam kasus ini pada bulan Mei 2017.

“Proses penyidikan masih berjalan. Nanti saat ada jadwal pemeriksaan saksi akan kami infokan lebih lanjut,” kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 1 Agustus 2017.

Febri menambahkan proses penyidikan di institusinya bukan cuma melakukan pemanggilan terhadap saksi-saksi, melainkan ada upaya lainnya, seperti mencegah, penelusuran aset, penggeledahan, mengkaji dokumen-dokumen dan hasil penggeledahan, serta hal lainnya.

“Jadi proses penyidikan jangan hanya dilihat pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi saja,” kata Febri.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan mantan Direktur Utama PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Budi Tjahjono sebagai tersangka atas dugaan korupsi sejak awal Mei 2017 lalu.

Kasus itu terkait pembayaran kepada dua agen dalam penutupan asuransi minyak dan gas di BP Migas atas kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) tahun 2009-2012 dan 2012-2014. Selain itu, ada indikasi aliran dana yang masuk kantong pejabat PT Jasindo.

Budi Tjahjono disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.(INT)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here