KPK Dapat Tingkatkan Status Laporan

Posted by on Jun 04, 2018 | Leave a Comment

Dugaan Korupsi Gubernur NTB

kpkJakarta – KoranAntiKorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk meningkatkan status dugaan korupsi yang disebut terkait dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi. Peningkatan status hukum dapat terjadi jika ditemukan cukup bukti dari pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) yang saat ini sedang berjalan.

“KPK itu kan mulai dari pengaduan masyarakat. Pengaduan masyarakat itu bisa dilanjutkan menjadi penyelidikan, penyidikan dan penuntutan,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (30/5).

Syarief mengakui pihaknya telah mengklarifikasi dan meminta keterangan TGB terkait laporan dugaan korupsi ini. Namun, Syarief masih enggan membeberkan hasil dari proses klarifikasi ini.

“Kasus ini masih dalam tahap pulbaket untuk klarifikasi dan untuk pulbaket,” katanya.

Syarief juga masih menutup rapat dugaan korupsi yang dilaporkan tersebut. Syarief mengaku belum dapat menyampaikan hal ini ke publik karena masih dalam tahap pulbaket.

“Iya karena ini masih dalam tahapan karifikasi dan pulbaket, kami belum bisa menjelaskan,” katanya.

Yang pasti, Syarief mengatakan dalam proses pulbaket ini pihaknya akan meminta keterangan dan mengklarifikasi pihak-pihak terkait. Tak hanya terlapor, KPK juga akan mengklarifikasi pelapor dan pihak lainnya.

“Dalam rangka ketika mendapatkan informasi biasanya kita lakukan klarifikasi, klarifikasi pertama yg kita lakukan. Misalnya A dilaporkan ke KPK, tim dari pengaduan masyarakat akan pergi menemui orang-orang yang berhubungan dengan si pelapor, terlapor dan orang-orang yang sekiranya mengetahui peristiwa itu untuk dimintai klarifikasi,” katanya.(BSC)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here