KPK Limpahkan Tersangka APBD-P Kebumen ke Penuntutan

Posted by on Jun 11, 2018 | Leave a Comment

Jakarta – KoranAntiKorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan proses penyidikan ke tahap penuntutan terhadap mantan anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah Dian Lestari, tersangka suap proyek Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebumen dalam APBD-P Tahun 2016.

“Pada Kamis (7/6), dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti, dan tersangka Dian Lestari dalam tindak pidana korupsi suap terkait proyek di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBD-P) tahun 2016 ke penuntutan atau tahap dua,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (8/6).

Direncanakan, kata Febri, sidang terhadap Dian Lestari dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang. “Mulai Kamis (7/6), penahanan yang bersangkutan dipindahkan ke Lapas Wanita Semarang untuk kebutuhan persidangan,” ucap Febri.

Sebelumnya, KPK telah menahan Dian Lestari di Rutan Kelas 1 Jakarta Timur Cabang KPK yang berlokasi di gedung Merah Putih KPK.

Febri menyatakan total saksi yang telah diperiksa untuk Dian Lestari sebanyak 49 orang. Sementara Dian Lestari sendiri telah delapan kali diperiksa pada kurun Februari sampai Mei 2018.

Unsur saksi terdiri atas Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2016, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kebumen Periode 2014-2019 DPRD Kebumen, anggota DPRD Kebumen, anggota Polri, eks Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen, dan wiraswasta Selain Dian, sebelumnya KPK juga telah menetapkan lima tersangka lainnya, yaitu mantan Ketua Komisi A DPRD Kebumen dari Fraksi PDI-Perjuangan periode 2014-2019 Yudhy Tri Hartanto, mantan PNS pada Dinas Pariwisata Pemerintah Kebumen Sigit Widodo, mantan Sekretaris Daerah Kebumen Adi Pandoyo serta dua orang dari pihak swasta masing-masing Basikun Suwandin Atmojo dan Hartoyo.

Lima tersangka tersebut telah divonis Pengadilan Tipikor Semarang.(BBS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here