KPK Tangkap Wakil Ketua Komisi VII DPR di Rumah Mensos

Posted by on Jul 16, 2018 | Leave a Comment

Eni-Maulani-SaragihJakarta – KoranAntiKorupsi  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham di Jalan Widya Chandra saat menghadiri acara ulang tahun anak Idrus Marham, disinyalir terkait dengan proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW).

Eni ditangkap bersama 8 orang lainnya, antara lain staf ahli, sopir dan pihak swasta. Selain itu KPK turut mengamankan uang sejumlah Rp500 juta dalam operasi tangkap tangan (OTT) tersebut.

Kemudian Jumat malam (13/7) Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menangkap tiga orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih. Dengan demikian total 12 orang yang diciduk, termasuk Eni.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah menarangkan bahwa penangkapan tersebut karena adanya transaksi antara pihak swasta dengan penyelenggara negara terkait kewenangan komisi VII DPR dan bermula dari laporan masyarakat.

“Saat dicrosscek ke lapangan ditemukan bukti-bukti telah terjadinya transaksi antara pihak swasta dan penyelenggara negara,” ujarnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga ikut menangkap Bos Apac Group Johanes B Kotjo dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan pada Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih. Johanes Kotjo diduga sebagai pihak yang memberikan uang ke Eni Maulani.

Febry juga menerangkan bahwa kasus tersebut adanya dugaan pemberian uang yang dilakukan Johanes Kotjo kepada Eni disinyalir terkait proyek PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Riau. Proyek pembangkit listrik tersebut masuk dalam proyek 35.000 megawat (MW).

“Terkait proyek listrik 35.000 megawatt,” ujarnya.

Politikus Golkar Maman Abdurrahman menyatakan klarifikasinya bahwa penangkapan oleh KPK tersebut bukanlah OTT.

Ia menjelaskan ihwal kabar operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi atau OTT KPK terhadap Eni Saragih, bahwa pada hari ini ada acara ulang tahun anak pertama Idrus Marham. “Politikus yang dimaksud hadir sebagai tamu dengan beberapa pejabat kemensos, keluarga dan beberapa teman maupun kolega dalam acara itu,” ujar Maman lewat keterangannya pada Jumat, 13 Juli 2018.

Maman yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, EMS hadir ke acara itu pada pukul 14.00. Kemudian, sekitar pukul 15.00, datang petugas KPK menemui EMS untuk ikut ke kantor KPK. Petugas tersebut menunjukkan surat perintah penyidikan. Sekitar pukul 15.15, ujar dia, EMS izin pamit pergi bersama KPK.

“Jadi perlu saya klarifikasi bahwa tidak ada OTT dirumah Mensos, namun lebih tepatnya KPK menjemput EMS dirumah Pak Mensos,” ujar dia.

Memang saat ini di Riau tengah dibangun proyek PLTU. Proyek tersebut digarap oleh konsorsium yang terdiri dari BlackGold, PT Pembangkitan Jawa-Bali, PT PLN Batubara (PLN BB) dan China Huadian Engineering Co., Ltd. (CHEC).

BlackGold merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi multinasional. Johanes Kotjo adalah salah satu pemegang saham di BlackGold. Johanes juga masuk dalam 150 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$267 juta pada 2016.(INT)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here