M Lana : “Mohonlah Hukuman Saya Diperingan”

Posted by on Feb 05, 2018 | Leave a Comment

Dihukum 7 Tahun

Medan – Kpkpos M Lana, hanya bisa menangis memeluk keponakannya setelah dihukum selama 7 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan diketuai Erintuah Damanik, Rabu (31/1).

Berdasarkan fakta persidangan, majelis hakim berkeyakinan, terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan, memiliki, menguasai dan menjual narkotika golongan satu, bukan tanaman jenis sabu-sabu.

“Majelis yang mengadili perkara ini menetapkan dan menjatuhkan hukuman selama 7 tahun penjara, sesuai pasal 112 jo pasal 127, UU No 35 tahun 1999, tentang pemberantasan narkotika,” ujar Erintuah dalam amar putusannya.

Sebelum putusan dibacakan, selama persidangan berlangsung M Lana yang membacakan pembelaannya tanpa didampingi pengacara hanya bisa bersedih memohon agar hukumannnya diringankan.

“Yang mulia majelis hakim dan penuntut umum, saya mengaku bersalah telah mengedarkan sabu-sabu seberat 1,49 gram. Mohonlah hukuman saya diperingan, tuntutan jaksa yang dibacakan sangat berat. Tuntutan selama sembilan tahun denda Rp 1 miliar subsidair 6 bulan sangat berat,” lirihnya.

Usai terdakwa membacakan pembelaan, hakim selanjutnya menjatuhkan hukuman selama 7 tahun penjara denda Rp 1 miliar subsidair 3 bulan kurungan.

Penuntut umum Kejatisu, Ratna S menyatakan menerima putusan tersebut, senada dengan ucapan terdakwa yang juga menerima.  Ratna menyebutkan, pelaku memang sudah target pihak kepolisian karena mengedarkan sabu. Namun, ketika ditanyakan kapan penangkapan terhadap M Lana, Ratna mengaku lupa dan harus lihat berkas dulu. (AFS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here