Mabes Polri Pastikan Surat Panggilan Tersangka KPK untuk Kapolri Hoaks

Posted by on Oct 29, 2018 | Leave a Comment

Jakarta – KoranAntiKorupsi Beredar surat pemanggilan pemeriksaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang sudah berstatus sebagai tersangka kasus suap daging impor saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kepala BNPT tahun 2016.

Namun Mabes Polri sudah memastikan surat panggilan lemnaga antirasuah itu terhadap Tito Karnavian terkait tindak pidana suap oleh petinggi CV Sumber Laut Perkasa adalah palsu atau hoaks.

“Ya yang beredar itu hoaks, sudah ada pernyataan kpk tidak benar, banyak sekali kekeliruan,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto saat dikonfirmasi, Jumat (26/10).

“Surat itu kan ada ciri ciri tersendiri. Ada kode tersendiri bagi yang lain mungkin tidak pernah diperhatikan tapi bagi yang membuat itu catatan penting. Itu untuk identifikasi gampang sekali. Saya nyatakan itu hoaks dan Direktorat Siber akan mencari siapa yang menyebarkan dan membuat,” sambung dia.

Penegasan jika surat itu hoaks karena tanggal dibuat yaitu 29 Oktober, sedangkan kata Setyo hari ini masih tanggal 26. “Masa sekarang tanggal 26 tanggalnya 29. Kan gak mungkin itu satu aja sudah hoaks.”

“Saya satu point saja udah hoaks. Ndak usah yang lain lain, karena tidak pernah terjadi membuat tanggal itu nanti itu nggak mungkin. Hari ini ya kita buat hari ini. Mari kita sama sama melawan hoaks,” tandasnya.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya sudah mengkonfirmasi surat panggilan itu kepada pihak KPK. Menurutnya, surat, stempel dan tandatangan Direktur Penyidikan KPK pada surat itu adalah palsu atau hoaks.

“Saya sudah konfirmasi kepada KPK mengenai surat itu. Ternyata surat, stempel dan tandatangan yang ada di dalam surat itu semuanya palsu,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Jumat (26/10).

Menurut Dedi, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri sudah bergerak untuk memburu pelaku yang membuat dan menyebarkan surat panggilan hoax tersebut di media sosial dan Whatsapp. “Dit Siber Bareskrim Polri akan menindaklanjuti hal itu dan mencari pelaku penyebarnya,” ucap Dedi.

Sebelumnya sebuah foto dengan kop surat berlambang KPK mengenai surat panggilan kepada Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian di media sosial dan Whatsapp.

Surat panggilan tersebut juga memiliki nomor surat yaitu Nomor Spgl/5511/Dik.01.00/40/10/2018 dan ditandatangani Direktur Penyidikan KPK atas nama Panca Putra S ter tanggal 29 Oktober 2018 dengan stempel KPK pada tandatangan tersebut.

Surat tersebut berisi panggilan terhadap Tito dengan status hukum sebagai tersangka untuk memenuhi panggilan tim penyidik pada Jumat 2 November 2018 di Gedung KPK atas dugaan tindak pidana korupsi penerimaan suap dari petinggi CV Sumber Laut Perkasa saat Tito Karnavian menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.(BBS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here