Madina Miliki Sejumlah Objek Wisata Asri

Posted by on Feb 18, 2013 | Leave a Comment

Desa Sibanggor sangat diminati kalangan masyarakat karena disamping pemandangan alam yang natural juga memiliki pemandian air panas.

Desa Sibanggor sangat diminati kalangan masyarakat karena disamping
pemandangan alam yang natural juga memiliki pemandian air panas.

Panyabungan-Kpk Pos Kabupaten Mandailing Natal atau Madina dikenal memiliki potensi wisata yang sangat bagus, baik itu wisata pantai, laut, gunung, budaya maupun wisata berbasis religius. Daerah geografis Madina yang berbukit dan memiliki garis laut yang cukup panjang berukuran lebih dari 170 kilometer beserta pantai yang cukup interest menjadikan daerah Madina ini sangat potensial untuk dijadikan daerah tujuan wisata.

Lokasi wisata Madina ini terletak di beberapa daerah semisal Desa Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, yang dikenal memiliki keindahan alam yang sangat menarik. Di sana terdapat beberapa situs wisata yang cukup potensial untuk dikembangkan, misalnya pemandian Aek Milas Sibanggor, pemandian Aek Milas Purba Julu, Gunung Sorik Marapi dengan danau kawahnya yang sangat luas dan alamnya yang asri dan segar menjadikan daerah ini cocok dikembangkan menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Madina, objek wisata Sampuraga dan sebagainya.

Pantauan Kpk Pos di tempat wisata Desa Sibanggor sangat diminati oleh kalangan masyarakat disamping pemandangan alam yang natural Desa Sibanggor juga memiliki pemandian air panas.

Dimana pemandian ini tidak hanya diramaikan oleh para pemuda dari Desa Sibanggor, tetapi lokasi ini juga banyak didatangi oleh kalangan masyarakat dari luar desa, semisal dari Panyabungan yang berjarak lebih dari 20 kilometer dari lokasi pemandian.

S Nasution (26), seorang warga Desa Sibanggor Tonga mengatakan, kalau tempat wisata ini sangat diminati oleh masyarakat bukan saja dari kalangan muda, tetapi di minati oleh orang tua juga anak-anak. Bukan saja dari desa sekitar, tetapi dari Panyabungan, Padangsidimpuan juga dari luar daerah bahkan sering juga didatangi dari daerah Provinsi Sumatera Barat.

“Mereka biasanya sampai ke sini sore harinya setelah melihat pemandangan pegunungan, disamping menikmati suasana pegunungan mereka juga ingin menikmati pemandian air panas alami yang ada,” katanya.

Lokasi wisata seperti ini tidak hanya ada di Desa Sibanggor tetapi di Desa Sirambas juga memiliki wisata alam air panas dengan kondisi panas yang berbeda dengan yang ada di Desa Sibanggor.

Air panas di Desa Sirambas tidak bisa dipakai untuk mandi, tetapi para pengunjung biasanya merendam telur yang hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk matang. Di samping itu, tempat ini juga banyak ditemukan bentuk benda yang unik, seperti peninggalan sejarah semisal kuali besar dan sumur berisi air panas yang mendidih yang digunakan pengunjung sebagai tempat pematangan telur.

Dari pantauan, lokasi ini sudah sunyi dari pengunjung bahkan masyarakat sudah tidak lagi menilai bahwa lokasi ini sebagai tempat wisata dan ini berbeda dibandingkan dengan 5 tahun yang lalu. Dahulu masyarakat sangat memilih tempat ini untuk mengisi weekend atau liburannya semisal hari minggu. (TH)

Leave a comment

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create