Orkestra Vinculos: Kami Akan Ceritakan Tobasa ke Dunia

Posted by on Aug 07, 2017 | Leave a Comment

ORKESTRABalige – Kpkpos Pemerintah Kabupaten Toba Samosir menyambut ramah Group Orchestra Vinculos dari Spanyol. Penyambutan dilakukan penuh keakraban dengan menampilkan tortor dan trompet sangkakala. Personil Vinculos berjumlah 40 orang mengaku senang dengan penyambutan itu.

“Kami tak menyangka akan disambut sebaik ini. Kami akan bangga pulang ke Spanyol,” kata Pimpinan Orchestra Vinculos di Balige, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, selama di Indonesia, mereka melihat peluang membangun hubungan Indonesia dengan Spanyol di bidang seni budaya. Karena Indonesia, diakui memiliki banyak budaya. Bahkan dikatakan mereka datang tidak hanya membawa musik Spanyol, tetapi juga musik Indonesia yang dipelajari di Spanyol.

“Kami tunjukkan kolaborasinya. Mudah mudahan dengan kehadiran kami di Tobasa, semua orang Batak senang dan terjalin keakraban diantara kita,” katanya.

Mereka berjanji, setelah tiba Spanyol, Vinculos akan menceritakan kepada dunia, kepada Negara Latino bahwa Tobasa memiliki kekayaan alam, seni dan budaya.

“Kami akan menginformasikan bahwa Indonesia, khususnya Tobasa adalah salah satu daerah kebanggaan. Sehingga kedepan wisatawan semakin banyak berkunjung ke Indonesia,” ujarnya.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud  Dr Najamuddin Ramli MSi mengatakan, Danau Toba adalah magnet pariwisata dunia dan telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu dari 10 tujuan wisata dunia.

Karena itu Ditjen kebudayaan akan terus melakukan kegiatan memperkenalkan Danau Toba kepada dunia. Tidak hanya menghadirkan Group Orchestra Vinculos tetapi even-even pariwisata tahunan juga akan efektif diselenggarakan.

“Untuk itu, melalui medsos, saya kira, bila mereka mencuit twitter, memasukkan gambar-gambar mereka selama di Tobasa, Humbang Hasundutan dan Samosir, publik dunia akan merespon. Jadi dari Spanyol ke Tobasa lalu ke dunia,” katanya.

Bupati Tobasa Darwin Siagian didampingi Wabup Hulman Sitorus, Kapolres dan para pejabat dilingkungan Pemkab Tobasa mengaku senang dan bangga dengan kehadiran Vinculos Spanyol di daerahnya. Kehadiran group orchestra diyakini akan memperkenalkan Tobasa dan Danau Toba ke dunia. “Mudahan mudahan selama di Tobasa mereka senang,” katanya.

Harapannya even-even besar berskala Nasional dan Internasional dapat terus dilakukan. Seperti Karnaval Pesona Danau Toba yang dipusatkan di Tobasa bulan Agustus ini. (TET/SMG)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here