OTT Calon Kepala Daerah, Parpol Bertanggung Jawab

Posted by on Mar 05, 2018 | Leave a Comment

Jakarta – KoranAntiKorupsi Banyaknya calon kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi. Terhitung hingga sekarang, ada lima calon kepala daerah yang terkena OTT KPK menurut Ketua KPU Arief Budiman sebagai tanggung jawab besar partai politik (parpol) yang mendukungnya.

“Kalau diusung parpol maka parpol punya tanggung jawab besar untuk mengusung calon yang memang dipastikan bebas dari kemungkinan terjadinya sangkaan, dugaan tindak pidana korupsi, kriminal umum, dan apapun,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Menteng, Jakarta, Jumat (2/3).

Menurut Arief, parpol masih mempunyai tanggung jawab besar terhadap calon kepala daerah yang diusungnya. Sementara jika calon kepala deerah yang maju dari perseorangan, maka masyarakat yang memberi dukungan harus diberi pelajaran.

“Harus diberi pelajaran, kamu kalau beri dukungan harus benar-benar dukung orang yang baik, tak punya potensi dia gagal, gugur, tak bekerja baik. Kalau semua sudah selesai, masuklah tahap pemungutan,” ungkap dia.

Dalam tahapan pemungutan, kata Arief, publik akan menentukan siapa yang akan dipilih untuk memimpin sebuah daerah lima tahun ke depan. Dia berharap agar publik berhati-hati dalam memilih pemimpin sehingga tidak memilih pemimpin yang berpeluang terkena kasus pidana.

“Harapannya, untuk bisa memilih pemimpin yang baik, tak bisa digantungkan ke KPU. Kalau perannya saat meneliti berkas dan dokumen yang sifatnya administratif. Kalau semua dokumen benar, ya sudah, dia memenuhi syarat sebagai peserta pemilu,” pungkas dia.(in)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here