Pagelaran Pesta Budaya Oang-Oang 2018 “Kecamatan Kerajaan Raih Juara Umum”

Posted by on Sep 17, 2018 | Leave a Comment

camat-kerajaanPakpak Bharat,Sumatera Utara – KoranAntiKorupsi Event tahunan yang merupakan kali ketiga dilaksanakan pada tahun ini juga merupakan rangkaian dari Calendar of Event Pariwisata Danau Toba dan menjadi agenda pariwisata nasional. Pesta Budaya Oang-oang ini bertujuan untuk lebih mengenal secara lebih mendalam tentang budaya Pakpak, menanamkan rasa cinta dan memiliki terhadap budaya tersebut, serta sebagai ajang promosi pariwisata.

Beragam hiburan seperti tarian dan nyanyian juga turut mengisi hari pertama pesta Oang-oang ini yang puncaknya dilaksanakan pada esok hari, Kamis 13 September 2018. Selain itu juga turut menyemarakkan hari pembukaan Pesta Budaya khas Pakpak Bharat ini berbagai perlombaan, antara lain Lomba Musik Tradisional Pakpak dan Lomba/Fashion Show Pakaian Jejap Pakpak yang diikuti oleh seluruh Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat.

Bupati DR.Remigo Yolando Berutu saat wawancara dengan awak media menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas antusias masyarakat yang begitu besar dalam mendukung dan mensukseskan acara tradisi yang tiap tahun diselenggarakan di Kabupaten Pakpak Bharat tersebut.Bupati yang terkenal dengan segudang prestasi ini mengatakan banyak perkembangan yang terlihat dari tahun ke tahun pada setiap penyelenggaraan pesta oang-oang, khususnya perkembangan dari hasil tani masyarakat.

“Ya jelas banyak perkembangan yang kita lihat saat ini khususnya bagi hasil tani, kita lihat saja tahun lalu tidak ada jagung yang di arak arak, tahun ini kita lihat bersama tadi ,begitu bagusnya kualitas buah jagung yang ditunjukkan, tentunya ini adalah kemajuan dari pada masyarakat pakpak bharat,” ujar Remigo.Dengan bahagianya Remigo juga berharap kedepannya semakin banyak komoditi komoditi lain yang bertambah tidak hanya jagung dan mudah mudahan kabupaten Pakpak Bharat menjadi daerah dengan petaninya yang sukses.

“Kita sudah siapkan perusahaan daerah kita, untuk menampung segala hasil tani masyarakat, tentunya juga sebagai penyeimbang harga pasaran agar masyarakat tidak rugi di pasaran, serta terjaga kesstabilannya, pokoknya saya berharap tinggal masyarakat lah yang menentukan masa depannya, saya sebagai pemerintah selalu siap untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat demi masyarakat saya siap segala hal, sekali lagi terimakasih buat semua element yang mendukung acara ini,” ujarnya

Lebih lanjut,Ia berharap Pesta Budaya Oang-oang ini dapat memotivasi masyarakat, terkhusus para seniman, budayawan, pemerhati dan organisasi-organisasi kesenian untuk terus-menerus mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasi diri melalui aktivitas dan prestasi seni. “Pesta budaya ini juga merupakan bagian pelestarian budaya daerah, karena kita menyadari pentingnya makna kebudayaan dalam rangka memperkenalkan jati diri bangsa, agar tidak tergerus derasnya globalisasi dan modernisasi”,Paparnya.

Sementara itu, Camat Kerajaan, Mesra Sinamo saat dikonfirmasi Medan Pos, Jumat (14/9) diruang kerjanya, menjelaskan bahwa kemenangan itu diperoleh berkat kerja keras para warga dan tokoh masyarakat serta seniman dan tokoh adat yang berdomisili di Kecamatan Kerajaan.

Mesra berharap, pada tahun yang akan datang kemenangan itu dapat dipertahankan. “Segala bentuk perlombaan yang dipertandingkan, kita berharap Kecamatan Kerajaan akan lebih maksimal lagi dan dapat menjadi yang terbaik dari kecamatan lainnya”,Ia menambahkan, kedepan seluruh elemen mayarakat yang terdiri dari, tokoh mayarakat, tokoh adat, para seniman untuk memeriahkan dan menyemarakkan pesta rakyat atau yang disebut Pesta Oang Oang.Harapnya

Turut Hadir Para Muspida Plus Pakpak Bharat,Anggota DPRD Provsu Jenny Riani Lucia Berutu,Kadis Pariwisata Provsu diwakili Staf Ahli Gubernur Sumut Elisa Marbun dan Tokoh Masyarakat serta Pimpinan OPD.(M.M)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here