Pemkab Gelar Seminar Pendidikan Politik

Posted by on May 20, 2013 | Leave a Comment

SEMINAR –Bupati Sergai diwakili Sekdakab didampingi Kakan Kesbangpol dan linmas Drs. Ramses Tambunan, MSi saat memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi Seminar Pendidikan Politik bagi Masyarakat Kabupaten Sergai.

SEMINAR –Bupati Sergai diwakili Sekdakab didampingi Kakan Kesbangpol dan linmas Drs. Ramses Tambunan, MSi saat memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi
Seminar Pendidikan Politik bagi Masyarakat Kabupaten Sergai.

Sei Rampah – Kpkpos Menyambut pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum legislatif (pileg) tahun 2014 dan pemilihan umum presiden (pilpres) tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat menggelar Seminar Pendidikan Politik bagi Masyarakat Kabupaten Sergai.

Seminar sehari yang diisi narasumber para pakar politik di Sumut ini dibuka oleh Bupati Sergai Ir. H.T Erry Nuradi, MSi diwakili Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, MSi di aula Sultan Serdan Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (14/5).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Drs.H. Haris Fadillah, MSi, Bupati Erry Nuradi mengemukakan negara Indonesia yang menganut sistem demokrasi tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan partai politik sebagai sarana arikulasi politik.

Demikian halnya dengan pelaksanaan pemilihan umum mulai dari pemilihan kepala desa sampai pemilihan presiden yang dilakukan langsung oleh masyarakat untuk memilih pimpinan yang sesuai dengan kehendak dan aspirasinya.

 Rangkaian proses pemilihan umum ini menurut Bupati Erry Nuradi merupakan titik awal bagi kelanjutan pemerintahan Indonesia yang akan membawa perubahan untuk masa lima tahun kepemimpinan mendatang.

Oleh karenanya sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki kedewasaan politik sehingga menciptakan iklim masyarakat yang kondusif sehingga jauh dari terjadinya perpecahan dan konflik di tengah masyarakat.

Melalui kegiatan pendidikan politik ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat Sergai mengenai perkembangan politik di Indonesia sekaligus meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam kancah perpolitikan di daerah ini.

Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan tingkat partisipasi pemilih dari daerah ini pada pelaksanaan pileg 2014 dan pilpres 2015 yang akan datang, harap Bupati Sergai.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Sergai Drs. Ramses Tambunan, MSi melaporkan kegiatan ini diikuti oleh para siswa tingkat mengengah atas, berbagai organisasi masyarakat, kepemudaan, partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan unsur pemerintah kecamatan.

 Narasumber yang dihadirkan untuk mengisi materi pada acara ini adalah DR. Warjio pengamat politik Sumut dan Drs. Rajin Sitepu yang merupakan Komisioner KPU Sumut.

Diharapkan melalui sosialisasi ini para peserta mendapatkan nilai tambah pemahaman politik sehingga diharapkan akan lebih peka terhadap dinamika politik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, jelas Kakan Kesbangpol dan Linmas.(ARM)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here