Pendaftaran Paslon Gubernur Sudah Diambang Pintu

Posted by on Jan 08, 2018 | Leave a Comment

Medan – Kpkpos Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut mengingatkan kepada seluruh partai politik (Parpol) agar tidak lupa untuk memenuhi segala persyaratan pasangan yang akan dimajukan serta janganlah terlalu sibuk menggalang koalisi demi memenuhi syarat pendaftaran pasangan calon Gubernur Sumatera Utara di Pilkada 27 Juni mendatang.

“Kita hanya ingin mengingatkan saja kalau pendaftaran Paslon Gubernur sudah dekat, yakni 8-10 Januari nanti. Jangan sampai gara-gara mikiri dan sibuk cari koalisi takutnya malah tidak memenuhi syarat (TMS) nantinya,” kata Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga ketika ditanya wartawan, Rabu (3/1).

Untuk partai-partai pengusung pasangan calon ( Paslon ) yang berkoalisi, Benget juga menambahkan agar masing-masing harus melengkapi surat keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tentang pasangan yang akan diusungnya.

Bukan itu saja mereka juga wajib memperlihatkan SK kepengurusan partai di tingkat provinsi yang sah sesuai SK Kemenkumham. “Kalau kita lihat partai-partai ini sibuk sekali mengurusi koalisi, padahal syarat pasangan calon juga tidak kalah penting agar dipenuhi,” tegas Benget.

Bagi pasangan calon, terdapat sejumlah persyaratan harus mereka lengkapi. Di antaranya, SKCK, KTP, ijazah setingkat SMA, daftar kekayaan pribadi yang telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK), NPWP, surat keterangan tidak sedang pailit, surat keterangan tidak sedang berutang yang bisa merugikan keuangan negara.

Khusus pada calon yang pernah jadi narapidana masih dikatakan Benget lagi diwajibkan memiliki surat keterangan telah bebas dari hukuman penjara dari Lembaga Pemasyarakatan. Harus juga dijelaskan bahwa calon bukan pelaku kejahatan yang berulang.

“Bagi calon yang sedang menduduki jabatan di satu institusi pemerintahan harus mengerjakan surat keputusan mengundurkan diri,” tegas Benget.

Setidaknya surat ketetapan pengunduran diri tersebut sudah harus diserahkan 30 hari sebelum hari pencoblosan yakni 27 Juni 2018. Akan tetapi saat pendaftaran surat pengunduran diri sudah disertakan. KPU sangat berharap agar setiap pasangan calon menginformasikan rencana pendaftaran mereka setidaknya sehari sebelum datang ke KPU. Maksudnya agar lebih mudah melakukan koordinasi.

“Maunya mereka juga datang mendaftar tidak pada menit-menit terakhir jelang pendaftaran ditutup sehingga kalau ada persyaratan yang kurang masih bisa dilengkapi,” pinta Benget. Sebab berdasarkan pengalaman pada dua kali menyelenggarakan pemilihan Gubsu sebelumnya yakni 2008 dan 2013 yang selalu saja terdapat pasangan calon yang mendaftar di pengujung waktu yang disediakan. (VIN)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here