Pengelolaan BOP PAUD Labuhanbatu Sarat Pungli

Posted by on Feb 05, 2018 | Leave a Comment

Rantauprapat – Kpkpos Beberapa lembaga maupun yayasan untuk jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kabupaten Labuhanbatu  provinsi Sumatra Utara mengeluh dengan adanya kutipan dari petugas monitoring Paud yang juga melibatkan Kasi Paud dalm pembuatan laporan Dapodik Paud ke Menteri/ Dirjen Pendidikan Nasional .

“Kalau tidak salah, pertengahan bulan Desember 2017 setelah pencairan dana BOP paud duduga terjadi pungli yg dihitung berdasarkan jumlah anak didik dan disetor/pemotongan mencapai 10-13 perssen dari jumlah dana yg diterima PAUD penerima, beber beberapa nara sumber yang tidak mau namanya disebutkan tetapi meminta di investigasi ke dinas pendidikan seraya berharap pungli dan kebiasaan memeras bawahan ini dihentikan.

Dengan adanya kutipan itu sambung sumber, bermula dengan tersalurkan BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) Paud dari Pemerintah Pusat terhadap masing-masing Paud yang ada di Kabupaten Labuhanbatu ini.

“Uang buku 2,5 juta rupiah, uang laporan ke dinas 1,5 juta rupiah, uang terimakasih 1 juta rupiah. Itulah biaya yang di minta ke kami dari pencairan itu, padahal itu tidak ada perjanjian sebelumnya,” keluh satu sumber.

Dengan dibubuhi mengatas namakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu, sejumlah pengelolah Paud ini merasa yakin dengan permintaan tersebut.

“Dengan kami terima bantuan itu mengatasnamakan dari dinas pendidikan, lantas kami menurut ajalah kami salurkan 5 juta sebagai uang terimakasihnya serta uang buku,”terang sumber.

Dilain tempat, pihak monitoring dan Kasi Paud,  yang dikonfirmasi membantah adanya pungli dari sejumlah pengelola dan tidak tau dan tidak membenarkan dan mengaku sudah ada kesepakatan dengan pengelola sebagai upah jasa selama pembuatan penyusunan data di masing-masing yayasan Paud.

Disinggung tentang permintaan lain berupa uang terimakasih dari Dinas pendidikan, kabid PAUD Diknas Ibu Nur Eko setiawatu malah berbalik tanya terhadap wartawan yayasan mana yang menyampaikan hal itu.(Hah)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here