Pererat Silaturahim, Civitas Akademi USU Buka Puasa Bersama

Posted by on Jun 11, 2018 | Leave a Comment

Medan – KoranAntiKorupsi Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar acara buka puasa bersama dengan seluruh civitas akademis di kampus USU. Kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun itu tidak hanya dihadiri dekan dan civitas akademika juga dihadiri mahasiswa.

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu mengungkapkan, buka puasa bersama dengan civitas akademis di USU ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim untuk mencapai tujuan bersama yakni, peningkatan kemajuan di kampus USU.

“Jadi, tidak hanya hubungan pimpinan dengan bawahan, tapi lebih dari itu, kekeluargaan. Begitupun kepada mahasiswa, supaya ada kedekatan antara anak didik dengan pendidiknya. Jangan sampai ada batasan, karena kita memiliki tujuan yang sama, sama-sama untuk memajukan kampus,” ujarnya, kemarin.

Dia menuturkan, makna bulan Ramadhan baginya adalah kesempatan bagi siapapun untuk mensucikan diri dan introspeksi diri selama hidup. Untuk itu, selama menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadhan, hal yang paling dipersiapkan adalah mental. Dimana, harus dapat mengendalikan emosi saat melakukan aktivitas sehari-hari.

“Puasa itu kan salah satunya harus bisa mengendalikan emosi. Saya, sebagai umat yang juga menjalani puasa, harus bisa untuk tidak emosi. Itulah hikmahnya puasa, selain menahan lapar dan haus, kita harus bisa menahan emosi. Karena ini moment untuk melipatgandakan pahala, maka bagi saya, puasa ini sebagai bentuk introspeksi diri terhadap hal-hal yang sudah dilakukan selama setahun ini,” tuturnya.

Menurutnya, sudah banyak kemajuan yang diraih USU selama beberapa tahun kepemimpinannya. Salah satunya adalah peningkatan jumlah penelitian yang di publikasi scopus.

Peningkatan tersebut membuat USU berada dijajaran peringkat 5 besar di Perguruan Tinggi di Indonesia. Selain itu, juga peningkatan akreditasi program studi di USU. Hingga kini, ada 57 prodi terakreditasi A, 85 prodi terakreditasi B yang sebelumnya C.

“Tapi, dari hasil visitasi, ada peluang 11 prodi yang C menjadi B dan sebagian jadi A. Jadi, buka puasa bersama ini diharapkan hubungan yang tadinya erat akan semakin erat lagi. Karena, kemajuan itu atas kerjasama semuanya. Jadikan moment ramadhan ini penyemangat untuk kita bisa lebih maju lagi,”sebutnya.

Ustadz Prof DR Hasballah Thaib dalam tausiyahnya mengatakan, di bulan ramadhan ini sangat baik jika semuanya dilakukan bersama-sama seperti, buka puasa bersama, sahur bersama, taraweh bersama dan sedekah bersama.

Menurutnya, makna bulan ramadhan adalah kesempatan bagi setiap umat Islam untuk memperbaiki dirinya. Selain bisa mengendalikan emosinya, juga diharapkan dapat melakukan hal-hal yang lebih baik.

Di antaranya, tidak ikut menyebarkan aib orang lain, tidak keras hati dan tidak mudah tersinggung, jangan tidak punya rasa malu. Turut hadir pada acara buka puasa bersama, Kakanwil BNI Sumut, Novianto dan jajaran USU lainnya.(FeR)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here